Sukses

Gatal dan hitam akibat garukan
05 Nov 2019, 17:09 WIB
Pria, 24 tahun.

Assalamualaikum dok, bagaimanakah caranya/obat yang tepat untuk mengobati gatal gatal di badan yang telah hitam akibat garukam

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda.

 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Gatal dimana tepatnya? Sejak kapan? Adakah riwayat alergi? Apakah Anda sudah melakukan pengobatan?

Untuk mengatasi gatal-gatal yang terjadi perlu dicari tahu terlebih dahulu penyebabnya, apakah karena masalah kulit tertentu seperti alergi, dermatitis atau eksim, infeksi jamur dan sebagainya.

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. Yang diperlukan saat ini adalah menjaga kebersihan, dan perlu diusahakan agar daerah tidak mudah bergesekan (tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat). Sedangkan untuk penanganan medis, terdapat beberapa pilihan, sesuai dengan ukuran dari hiperpigmentasi dan lamanya bekas luka Anda sudah terjadi.

Bekas hitam memang dapat mengganggu estetika dari kulit Anda. Anda tidak perlu khawatir, karena bekas luka umumnya akan menghilang secara perlahan. Pengolesan steroid tertentu sebanyak satu kali pada malam hari dapat membantu menghilangkan bekas luka. Namun yang terpenting adalah menjaga kesehatan kulit Anda agar selalu dalam keadaan sehat, seperti dengan:

  • Pilih sabun mandi yang mengandung banyak moisturizer dengan sedikit busa
  • Gunakan pelembab bila perlu
  • Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering
  • Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan

Sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi kulit Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikan jenis jenis kulit serta pengobatan yang sesuai untuk kulit Anda.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar