Sukses

Telinga kemasukkan benda asing
05 Nov 2019, 14:24 WIB
Wanita, 50 tahun.

Selamat pagi dokter...sy mau bertanya ttg telinga...sy kemarin ketika selesai wudhu telinga sy seperti kemasukan air...klo biasanya sy kasih air lagi hilang...tetapi hingga hari ini suara kemasukan air itu masih ada dokter...ini membuat sy jadi ketakutan...apakah ada binatang yg masuk ke telinga sy atau bagaimana ini dokter...sy ucapkan terima kasih

Terima kasih telah bertanya mengenai telinga kemasukkan benda asing melalui fitur Tanya Dokter.

Keluhan akan muncul saat mulai terjadi gangguan seperti rasa penuh di telinga atau munculnya dengungan. Bila tidak ditangani dengan tepat dan segera, jika benar serangga tersebut bisa merusak persarafan di dalam telinga dan dapat menimbulkan komplikasi serius.

Kadang seseorang bisa tak sadar bahwa ada serangga yang terjebak di telinga. Gejala umum adanya serangga di telinga adalah nyeri dan rasa tak nyaman.

Telinga bagian luar dan bagian luar gendang telinga memiliki beberapa saraf kranial yang menyampaikan informasi ke otak. Benda asing seperti serangga bisa mengiritasi saraf tersebut. Serangga yang masih hidup mungkin akan merayap atau menggerakkan sayapnya untuk terbang, yang dapat mengakibatkan sensasi aneh di telinga.Bergantung pada jenis serangga, serangga yang ada di dalam kuping juga bisa menggigit atau menyengat berkali-kali saat terperangkap di dalam. Ini bisa begitu menyakitkan. Gejala tambahan yang mungkin dirasakan antara lain:

  • Sensasi penuh di telinga
  • Pembengkakan
  • Perdarahan atau keluarnya nanah dari telinga
  • Hilangnya pendengaran.

Jika keluhan sudah sangat mengganggu aktivitas, saran kami lebih baik periksakan diri anda ke dokter spesialis THT atau IGD Rumah Sakit terdekat.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar