Sukses

Wajah Tampak Lebih Tua dari Usia

04 Nov 2019, 16:40 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok umur saya 24 tapi wajah saya terlihat lebih tua dahi saya ada kerutan,mata ad kerutan,wajah ad kerutan,pipi ad kerutan, dan kendur wajah saya apa ini karna sy melakukan onani tolong kasih tau saya agar kerutan ny hilang dan kencang. Agar sy percaya diri dok.

Terima kasih telah berkonsultasi seputar wajah tampak lebih tua dari usia pada fitur Tanya Dokter

 

Proses penuaan merupakan proses yang alami dan akan terus terjadi pada setiap manusia. Proses penuaan tidak dapat dihentikan namun dapat diperlambat. Ada banyak faktor yang dapat membuat kulit dan wajah tampak lebih tua daripada usianya. Struktur tulang wajah yang tegas juga dapat membuat wajah tampak lebih tua. Faktor lain yang dapat menyebabkan penuaan dini diantaranya: genetik/keturunan, stres, alkohol, rokok, asupan nutrisi buruk (kurang sayur dan buah), sering terpapar sinar matahari dan polusi.

Proses penuaan dapat diperlambat dengan menerpakan gaya hidup sehat, yaitu:

- mengurangi stress

- konsumsi lebih banyak buah dan sayur yang kaya anti-oksidan

- istirahat cukup, tidur minimal 7-8 jam/hari

- olahraga teratur, 3-4x/minggu minimal 30 menit

- kurangi konsumsi gula

- hindari alkohol, rokok, narkoba

- hindari paparan sinar matahari dengan menggunakan sunscreen/sunblock setiap hari

Selain itu, untuk perawatan wajah, Anda dapat menggunakan krim retinoic acid/tretinoin, mulai dengan dosis terendah (0,25%). Retinoid acid  dapat mencegah keriput dan memeperbaiki garis-garis kulit di wajah dengan cara memicu pembentukan kolagen. Krim retinoic acid digunakan hanya pada malam hari, oleskan 1-2 jam sebelum tidur untuk memberikan waktu kepada kulit menyerap obat tersebut dan menghindari krim menempel pada bantal. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dan pelembab pada pagi harinya untuk mengurangi efek samping dan menjaga kelembaban kulit.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar