Sukses

Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil

04 Nov 2019, 16:24 WIB
Wanita, 35 tahun.

dok...saya udah hamil 7bulan jalan 8 bulan.. yang mau saya tanyakan apakah kalo tidur harus terus"an miring ke kiri?bolehkah berpindah miring kekakan?karna kan jg pegel klo ga pindah posisi.apalagi bagian pundak ama pinggul kiri..dan dada kiri kadang ky sesag karena ketindih terus...kadang saya miring kekanan karna terasa nafas aga longgar...tpi jg bingung klo baca" artikel katanya miring kekanan berbahaya...apakah klo cuma tiduran jg harus miring ke kiri juga? tolong penjelasannya dok...makasih.

Terima kasih telah berkonsultasi seputar posisi tidur untuk ibu hamil pada fitur Tanya Dokter

 

Ibu hamil sebenarnya dapat tidur dan beristirahat dengan berbagai posisi yang dirasa nyaman. Dan sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai posisi tidur yang terbaik untuk ibu hamil. Namun posisi tidur ibu yang miring ke kiri dipercaya dapat memberikan keuntungan bagi bayi untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya pembuluh darah balik besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah kanan tulang belakang. Pembuluh darah ini bermanfaat mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung, juga membantu ginjal membuang sisa metabolisme ibu sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada kaki dan tangan ibu hamil.

Dengan posisi tidur miring ke kiri, selain Anda merasa nyaman, janin dalam kandungan Anda juga akan mendapatkan nutrisinya secara maksimal. Namun memang sebaiknya Anda selingi dengan posisi tidur miring ke kanan untuk menghindari gangguan otot. Sebagai tambahan, Anda dapat meletakkan bantal di punggung dan di antara lutut agar Anda merasa lebih nyaman.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar