Sukses

Menghitung Usia Kehamilan

04 Nov 2019, 13:48 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok, saya terakhir haid tgl 23 september 2019. 3 bulan sebelumnya saya memang lg progam hamil. Kemudian di tgl 16/10/2019 saya coba2 tespeck karena saya kok ada rasa2 hamil, karna ini kehamilan saya yg ke2. saya sadar klo saya ngeceknya terlalu cepat, tp krna sudah ga sabar, tgl 18/10/2019 saya ke dr kandungan, waktu di usg baru penebalan dinding rahim & suruh cek lg 2 minggu kemudian. Lalu tgl 22/10/2019 pagi2 saya flek kecoklatan, malamnya saya ke dr kandungan yg berbeda dr dr sebelumnya, saya di usg lewat miss V krna kata dokter usia kehamilan masih belum lama, waktu di usg ada kantong janin sangat kecil sekali, yaitu 0,28cm. Yg saya tanyakan, usia kehamilan saya brp ya dok, kmrn kata dokter usia kehamilan suah 4 minggu. Dan ukuran GS 0,28 itu normal ga dengan usia kandungan 4 minggu. Demikian dok, terima kasih sebelumnya

Terima kasih telah berkonsultasi seputar Menghitung usia kehamilan pada fitur Tanya Dokter

 

Proses dari sperma masuk hingga terjadi pembuahan dapat berlangsung dalam waktu 1-3 hari. Dari pembuahan hingga implantasi (tertanamnya bakal janin ke dinding rahim) dapat berlangsung pada sekitar 1 minggu setelah hubungan intim. Kehamilan dapat terdeteksi melalui pemeriksaan air seni (test pack) pada sekitar 1 bulan sesudah hubungan intim (pada jadwal haid berikutnya, apabila tidak mendapat haid).

Saat ini untuk menghitung usia kehamilan lazimnya menggunakan 2 cara, yaitu:

1. Perhitungan HPHT

melalui perhitungan manual dengan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) dan perhitungan melalui Pemeriksaan USG janin. Perhitungan melalui HPHT hanya dapat dipercaya apabila siklus menstruasi Anda teratur dalam 6 siklus terakhir. Apakah siklus haid And teratur? Jika iya, memang usia kehamilan Anda saat ini sekitar 8 minggu. Perhitungan ini dihitung dari haid pertama, bukan dari sejak pembuahan. Olehkarena itu pada pasangan yang baru menikah, usia kehamilan bisa saja lebih lama mdari usia pernikahan. Usia kandungan sejak pembuahan sulit sihitung karena tidak dapat diprediksi pembuahan mana yang berhasil menjadi kehamilan. Pemeriksaan usia kandungan lebih valid dilakukan dengan USG.

2. Pemeriksaan USG

metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama haid terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Karena itu, dalam hal ini, hasil perkiraan usia kehamilan dengan USG lebih dapat dipercaya.

Jika siklus menstruasi kurang teratur maka perkiraan usia kehamilan akan lebih akurat melalui pemeriksaan USG dengan mengacu pada pertumbuhan janin. Cara dengan menggunakan pemeriksaan USG, tingkat akurasinya dapat mencapai 95%. Cara ini memperkirakan tanggal kelahiran berdasarkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Perkiraan kelahiran ini akan lebih akurat pada pemeriksaan USG di trimester kedua dan ketiga karena ukuran janin sudah lebih besar sehingga lebih mudah untuk melakukan pengukuran dan gambar janin terlihat lebih jelas di layar monitor.

Dengan USG umumnya sudah bisa dilihat adanya kantung kehamilan ('gestational sac') di rongga rahim berupa gambaran bulat hitam berbatas tegas. Diameter kantung kehamilan besarnya tergantung usia hamil. Sedangkan bakal janin ('fetal echo') di dalam kantung kehamilan belum tampak. Biasanya baru tampak pd usia hamil di atas 6 minggu.

Pada usia hamil 4-5 minggu kadang-kadang juga sudah tampak bulatan hitam menyerupai kantung kehamilan tetapi masih sangat kecil, terutama jika siklus haid yang lebih dari 28 minggu. Mungkin kantung kehamilan yang masih kecil ini belum tampak dalam pemeriksaan USG. Sebaiknya ulang sekitar 2-4 minggu setelah USG pertama untuk memantau perkembangan kehamilannya.

Ibu perlu memperhatikan instruksi yang diberikan dokter Ibu. Kami berharap seluruh proses hingga persalinan dapat berjalan dengan baik. Ibu dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk informasi lengkap dan Ibu juga dapat mengunjungi Kalender Kehamilan untuk informasi perkembangan kehamilan setiap minggunya.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar