Sukses

Kopi dan Kolesterol

04 Nov 2019, 10:19 WIB
Pria, 27 tahun.

Siang dokter... saya pecinta gorengan dan kopi, tapi akhirakhir ini jadi khawatir makan banyak-banyak karena cerita teman-teman saya. Apa benar ya kopi dan gorengan itu penyebab sakit jantung? Atau itu cuman kabar bohong saja?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kopi  dapat meningkatkan kadar kolesterol. Tidak semua jenis kopi dapat meningkatkan kadar kolesterol, dan tidak smeua orang memiliki tingkat kerentanan  yang sama dalam meningkatkan kadar kolesterol setelah minum kopi.  

Terdapat jenis kopi tertentu yang dapat meningkatkan kolesterol. Kopi yang tidak disaring (unfiltered) lebih tinggi menaikkan kolesterol di bandingkan kopi yang sudah disaring (filtered). Cafestol adalah komponen yang terdapat di dalam kopi dapat meningkatkan kadar kolesterol dengan mengganggu metabolisme kolesterol melalui gangguan pada reseptor di usus. Selain itu mengkonsumsi gorengan yang berlebihan dan tidak diolah dengan benar tentu saja juga dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Hal ini lah yang dapat menjadi salah satu penyebab meningkatkan resiko penyakit jantung.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar