Sukses

Flek Setelah KB 3 Bulan

04 Nov 2019, 10:16 WIB
Wanita, 35 tahun.

dok.sebenarnya spotting itu darah menstruasi bukan sich,saya memakai kb 3 bulan.kok sehari flek sehari hilang.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. KB hormonal (termasuk suntik KB 3 bulan dan/atau pil pemberhenti mens sementara) memang dapat menyebabkan gangguan dari menstruasi. Biasanya pada penggunaan awal (3 bulan pertama) dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur, beberapa efek lain seperti  lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama.

Lama-kelamaan menstruasi bisa tidak dapat sama sekali. Hal ini sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan. 

Bila Anda ingin memastikannya, dapat konsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan kandungan dan dilakukan pemeriksaan USG kandungan (jika diperlukan) untuk melihat apakah terdapat gangguan organ kandungan.

Semoga informasi yang diberikan bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar