Sukses

Penyebab Radang Tenggorokan
04 Nov 2019, 10:02 WIB
Wanita, 20 tahun.

Pagi dok,, ibu saya radang tenggorokan padahal sudah berobat tapi ko suka kambuh itu biasanya kenapa ya dok ??

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya sekitar 80% kasus tersebut terjadi akibat infeksi virus. Kendati begitu, tak menutup kemungkinan bahwa penyebab radang tenggorokan juga bisa terjadi akibat adanya kondisi lain. Beberapa kondisi yang dimaksud, meliputi:

  1. Kondisi udara yang kering.Dengan berada di ruangan dengan kondisi udara yang kering sepanjang waktu, Anda sangat berisiko mengalami radang tenggorokan. Kelembapan ruangan yang tidak terjaga dengan baik bisa menyebabkan tenggorokan kering, sehingga menimbulkan peradangan, rasa gatal, nyeri dan sulit menelan.
  2. Bernapas melalui mulut. Dalam kondisi akibat gangguan kesehatan tertentu seseorang cenderung bernapas lewat mulut. Cara bernapas ini biasanya karena adanya keluhan hidung tersumbat atau kebiasaan tidur mendengkur sambil membuka mulut. Perlu diingat bahwa kebiasaan bernapas lewat mulut bisa meningkatkan risiko terjadinya radang tenggorokan.
  3. Rokok. Rokok mengandung ribuan zat berbahaya, yang beberapa di antaranya bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Parahnya, kondisi tersebut bisa dialami oleh perokok aktif maupun pasif. Jadi, orang-orang yang tidak merokok juga bisa mengalami iritasi tenggorokan yang berujung pada radang tenggorokan akibat terpapar asap rokok.
  4. Kurang minum air putih. Air putih berfungsi menghidrasi tubuh. Jika kebutuhan air putih Anda tidak tercukupi, tenggorokan bisa mengalami kekeringan. Hal ini menuntun pada terjadinya radang tenggorokan.
  5. Debu. Debu merupakan salah satu alergen pemicu reaksi alergi. Bagi orang-orang yang mengalami alergi, debu dapat menyebabkan terjadinya radang tenggorokan.
  6. GERD. GERD alias gastroesophageal reflux disease adalah asam lambung yang naik ke area tenggorokan. Asam lambung memiliki sifat mengiritasi. Karenanya, asam lambung yang naik ke tenggorokan pada kasus GERD dapat menyebabkan terjadinya radang tenggorokan.
  7. Infeksi bakteri streptokokus. Kekebalan tubuh yang menurun ditambah kondisi tenggorokan yang sedang iritasi membuat bakteri streptokokus lebih mudah masuk dan menyebabkan infeksi. Akibatnya, terjadilah radang tenggorokan dengan keluhan berupa nyeri hebat saat menelan, adanya bintik putih di tenggorokan, muntah, dan pembengkakak hingga nanah pada amandel. Kasus ini harus segera diatasi dengan konsumsi antibiotik yang sesuai dengan resep dokter.
  8. Difteri. Difteri merupakan penyakit infeksi akut yang dapat mengancam nyawa sehingga perlu diwaspadai. Gejala yang bisa terjadi akibat penyakit ini adalah radang tenggorokan yang biasanya disertai munculnya selaput berwarna keabu-abuan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar