Sukses

Jari Digigit Tikus

31 Oct 2019, 13:42 WIB
Pria, 30 tahun.

Dok tangan saya di gigit tikus rumahan , udah saya rendAm dengan air hangat campur garam lalu saya cuci dengan sabun trus saya kasih betadin apakah penanganan nya sudah benar dok ,?? Dan apa kah ada dampak berbahaya lain dok??? Trimasih mohon di jelas kn dok,

Halo, terima kasih telah bertanya tentang jari digigit tikus melalui fitur Tanya Dokter. 

Penanganan awal gigitan tikus seperti yang Anda lakukan sudah benar. Luka bekas gigitan tikus memang harus dibersihkan seawal mungkin dengan air mengalir. Tidak ada patokan khusus lama mengaliri luka, namun semakin lama Anda membersihkan luka dengan air mengalir, tentu semakin baik. Setelah luka dipastikan bersih, Anda dapat memberikan antiseptik misalnya larutan povidone iodine dengan merk dagang apapun yang banyak tersedia di apotek. Rawat luka dengan perawatan terbuka, artinya tanpa ditutup apapun namun tetap terjaga kebersihannya. Bila Anda khawatir luka sulit dijaga kebersihannya, misalnya karena harus banyak beraktivitas di luar ruangan, maka Anda dapat menutup luka dengan kasa tipis saja. Tujuannya agar sirkulasi udara pada luka tetap terjaga baik sehingga menpercepat penyembuhan luka serta menghindari pertumbuhan kuman jenis anaerob yang mudah berkembang biak jika luka tertutup rapat.

Gigitan tikus dapat menjadi media penularan berbagai penyakit, diantaranya :

Hantavirus Pulmonary Syndrome

Hemorrhagic Fever with Renal Syndrome

Lassa FeverLeptospirosisLymphocytic Chorio-meningitis (LCM)Omsk Hemorrhagic FeverPlagueRat-Bite FeverSalmonellosisSouth American Arenaviruses (Argentine hemorrhagic fever, Bolivian hemorrhagic fever, Sabiá-associated hemorrhagic fever, Venezuelan hemorrhagic fever)TularemiaTentu tidak semua gigitan tikus akan mengakibatkan berbagai penyakit di atas. Amati terus perkembangan bekas luka gigitan tikus. Bila terdapat tanda- tanda infeksi, seperti :

Luka atau sekitarnya bengkakBerwarna kemerahanHangat bila diraba

Nyeri yang dirasakan semakin memberatDemamsebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan langsung dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar