Sukses

Menghadapi Orang Depresi

29 Oct 2019, 19:48 WIB
Wanita, 17 tahun.

slamat malam dok, saya adalah seorang pelajar. bagaimana jika ada teman yang mengalami depresi sampai melakukan hal yang berbahaya seperti melukai diri dan mengonsumsi zat kimia bahkan ngelem tindakan apa yang harus saya lakukan? trimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai menghadapi orang depresi melalui fitur Tanya Dokter.

Depresi memang merupakan hal yang sangat mengkhawatirkan. Depresi adalah suatu keadaan umum dimana terjadinya pengurangan atau penurunan keadaan emosi dan mood dari seorang yang mengakibatkan gangguan di dalam aktivitasnya sehari-hari.

Gejala depresi dapat berupa:

-Hilangnya minat atau kesenangan yang jelas pada semua aspek atau hampir semua aspek sepanjang hari hampir setiap hari

-Penurunan berat badan yang bermakna, padahal tidak melakukan diet atau olahraga yang rutin

-Gangguan tidur

-Kelelahan atau hilangnya energi tiap hari

-Perasaan tidak berharga atau perasaan bersalah yang berlebihan atau tidak tepat

-Hilangnya kemampuan untuk berpikir atau memutuskan sesuatu

Depresi memang bisa berakibat fatal bagi penderitanya, apalagi jika sudah memikirkan atau melakukan hal - hal yang membahayakan dirinya, seperti bunuh diri. Sebagai teman, Anda bisa menghadapinya dengan selalu mengajaknya berbicara terutama pembicaraan yang suportif dan positif. Bisa juga dengan mengajaknya berolahraga, menemani mengerjakan apa yang teman Anda senangi, baik itu bermain musik, menyanyi, menggambar atau apapun. Anda juga bisa menyarankan teman Anda untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup, berjemur di pagi hari, dan mencoba melawan pikiran buruknya. Jika teman Anda masih juga depresi berat, sebaiknya mengajak teman Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter psikiatri. Demikian yang dapat disampaikan mengenai menghadapi orang depresi, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar