Sukses

Skrotum besar sebelah dan kemungkinan infertil

28 Oct 2019, 13:06 WIB
Pria, 21 tahun.

Halo dok, nama saya Andika. Saya mahasiswa yg sedang melakukan studi di luar negeri. Saya mau nanya tentang varikokel nih dok. Jadi unur saya 20 thn sekarang. Jadi dulu waktu kelas 2 SMP saya pernah main bola dengan teman teman saya dan saya pernah “ke gebok” bola dan itu jaraknya lumayan dekat. Itu rasanya waktu itu sakit sekali dan saya cek ke dokter umum katanya gapapa itu cuma pembekakan tapi katanya ada urat yg bengkak dan dia bilang kalo masi sakit kabarin. Seiring berjalannya waktu memang udah gak sakit sama sekali cuma kadang waktu mandi itu saya iseng meraba bagian skrotum tuh rasanya seperti ada urat yg tebal gitu dibagian testis kiri saya dan testis kiri tuh serasa lebih kecil dari yg kanan. Saya takut kenapa kenapa dan sya baca baca bisa menyebabkan infertilisasi. Menurut dokter ini baiknya gimana ya? Mohon ditanggapi dok. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar skrotum besar sebelah dan kemungkinan infertil menggunakan fitur Tanya Dokter.

Saat ini apakah ada keluhan lain yang dirasakan selain adanya pembesaran sebelah pada scrotum? Seperti nyeri saat berkemih maupun ejakulasi?

Mengenai scrotum yang besar sebelah tentu sangat wajar secara fisiologis karena organ manusia yang sepasang tidak diciptakan simetris. Memang normalnya buah zakar besar sebelah, itu disebabkan karena testis kanan turun lebih dulu daripada yang kiri, sehingga testis kanan terlihat lebih kecil daripada yang kiri. Perlu juga diperhatikan konsistensi dari testis Anda, apakah semakin membesar dan teraba keras. Apakah makin terlihat besar pada waktu Anda mengedan atau batuk, apabila hal tersebut terjadi kemungkinan dapat disebabkan karena hernia dimana usus turun ke buah zakar.

Namun, jika anda khawatir dapat melakukan pemeriksaan minimal ke dokter bedah umum, atau spesialis urologi untuk dilakukan USG pada kedua skrotum untuk kontrol dan melihat masih adanya gangguan maupun kelainan.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai skrotum besar sebelah dan kemungkinan infertil. Semoga bermanfaat. Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar