Sukses

Benjolan Di Belakang Telinga

27 Oct 2019, 21:56 WIB
Wanita, 16 tahun.

Selamat malam,dok dibagian belakang luar telinga saya sakit seperti nyeri,panas dan ruam merah serta bintik putih berisi cairan

Terima kasih telah bertanya tentang benjolan Di Belakang Telinga melalui fitur Tanya Dokter.

Benjolan di daun telinga dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan, trauma, kista atau tumor. Kista merupakan benjolan seperti kantung berisi seperti cairan. Kista seringkali menimbulkan nyeri bila disertai infeksi. Bila disebabkan oleh trauma seringkali menunjukkan adanya gumpalan darah pada daun telinga. Infeksi lokal daun telinga dapat pula menyebabkan benjolan yang seringkali disertai nanah. Bila benjolan terdapat di daerah belakang telinga dan disertai kaku dan nyeri serta bengkak pada tulang di belakang telinga dapat mengindikasikan adanya proses infeksi tulang mastoid (mastoiditis). Tumor jinak dan ganaspun dapat menjadi salah satu penyebab benjolan.  Jerawat juga bisa muncul di bagian telinga, karena daerah ini mengandung banyak sekali kelenjar minyak (sebaceous gland) yang pori-porinya dapat tersumbat dengan mudah oleh bakteri.

Selain itu, benjolan tersebut bisa juga disebabkan oleh peradangan atau infeksi (jerawat atau bisul).  Untuk itu kami sarankan agar Anda melakukan konsultasi ke dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan telinga  sehingga dapat diberikan pengobatan yang optimal. Kami sarankan pula untuk tidak mengkonsumsi segala macam obat tanpa petunjuk dan pengawasan Dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Untuk sementara, jaga kebersihan daerah telinga Anda. Cucilah daun telinga Anda dengan sabun khusus untuk kulit berjerawat atau dengan sabun bayi setidaknya 2 kali sehari, terutama setelah memakai produk perawatan rambut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan seputar Benjolan Di Belakang Telinga. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar