Sukses

Pengobatan gangren Kaki

27 Oct 2019, 21:56 WIB
Pria, 47 tahun.

Saya ingin bertanya tentang penyakit yang menimpa adik saya, berusia 45. Ia menderita penyakit kulit yang membusuk sampai ke daging ke dua kakinya, dari lutut ke bawah. Apakah nama penyakit tersebut? Bagaimana cara mengobatinya? Adik saya orang yang tidak mampu untuk berobat dengan biaya pengobatan yang mahal. Mohon dok, bagaimana solusinya. Demikian, terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang Pengobatan gangren Kaki melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah adik Anda memiliki riwayat diabetes sebelumnya? Salah satu komplikasi tersering dari diabetes melitus (DM) adalah kaki diabetik atau dapat disebut juga gangren DM. Pada pasien DM terdapat gangguan pada:

  • pembuluh darah kecil (mikroangiopati)
  • pembuluh darah besar (makroangiopati)
  • gangguan syaraf (neuropati)

Gejala adanya gangguan pada syaraf berupa rasa baal/kebas, kesemutan, rasa nyeri berkurang/tidak ada rasa nyeri sama sekali. Hilangnya sensasi pada kaki menyebabkan tekanan berulang pada kaki akhirnya terjadi kerusakan jaringan lunak. Selain itu penderita menjadi tidak peka terhadap suhu atau benda asing (seperti benda tajam) sehingga memudahkan terjadinya luka. Selain itu, gangguan pada pembuluh darah akibat kadar gula darah yang tinggi dalam waktu lama menyebabkan kaki tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga meningkatkan risiko terjadinya kaki diabetik pada pasien DM.

Apabila telah terjadi luka, maka akan lebih sulit ketimbang mencegahnya. Adanya gangguan pada proses penyembuhan jaringan pada penderita diabetes menyebabkan luka terus berkembang dan bertambah berat seiring dengan bertambahnya waktu. Untuk itu diperlukan kerjasama dan disiplin yang baik dari pasien dan keluarga untuk merawat luka dan yang utama, mengendalikan kadar gula darah.

Apabila infeksi terus menyebar ke jaringan sekitarnya, maka penyebaran tersebut perlu dihentikan. Bila antibiotik dan obat-obatan tidak lagi memberikan pengaruh yang berarti, maka amputasi merupakan cara yang patut dipertimbangan.

Cara lain adalah dengan melakukan terapi oksigen, yaitu Terapi Oksigen Hiperbarik. Terapi ini merupakan cara pengobatan dimana peserta terapi bernafas dengan menghirup Oksigen murni (100%) di dalam Ruang Udara Bertekanan Tinggi lebih dari 1 Atmosfer Absolut. Manfaat yang dicari dari terapi ini adalah Meningkatkan kadar Oksigen sehingga kebutuhan seluruh sel tubuh terpenuhi. Prinsip ini berguna pada penderita diabetes karena terjadinya ganguan pembuluh darah yang menyebabkan kebutuhan nutrisi sel tubuh tidak terpenuhi.

Saat ini kami menganjurkan Anda untuk kembali berkonsultasi dengan dokter yang sebelumnya telah menangani untuk mempertimbangan plihan terapi terbaik yang dapat Anda jalani.

Untuk memperkaya wawasan Anda, baca juga :

Gangrene

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan seputar Pengobatan gangren Kaki. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar