Sukses

Penyebab Nyeri Perut atas Saat Hamil

27 Oct 2019, 21:56 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok saya sedang hamil 3 bln, sudah 2hari ini setiap kali saya makan pasti berasa nyeri seperti suduken di perut bagian atas...kira2 ini kenapa? Dan bagaimana solusinya

Terima kasih telah bertanya tentang Penyebab Nyeri Perut atas Saat Hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Perut perih, mual, rasa tidak nyaman, kembung, mual hingga muntah adalah kumpulan gejala yang termasuk dalam sindrom dispepsia. Dispepsia dalam kehamilan disebabkan karena adanya refluks /aliran balik dari cairan asam yang berasal dari lambung menuju esofagus. Lapisan pada esofagus biasanya dapat mengatasi cairan asam tersebut dalam jumlah wajar, namun jika terlalu banyak dapat menimbulkan peradangan pada lapisan tersebut sehingga pada akhirnya timbulah gejala-gejala dispepsia.

Adanya tautan yang terdapat diantara lambung dan esofagus (sphincter esofagus) dapat mencegah kejadian refluks asam lambung. Namun pada kehamilan, karena adanya peningkatan kadar hormon tertentu dapat menyebabkam sphincter tersebut menjadi lebih longgar sehingga dan kejadian refluks asam lambung menjadi sulit dicegah. Selain itu, ukuran bayi yang besar dapat meningkatkan tekanan dalam perut. Salah satu atau kedua fakta tersebut  dapat memicu timbulnya sindrom dispepsia. 

Sebelum mengatasinya dengan obat-obatan, perhatikanlah gaya hidup Anda. 

  • Hindari makanan yang pedas dan merangsang;seperti cokelat, minuman alkohol, minuman panas, kopi. 
  • Makanlah dalam porsi kecil namun sering
  • Berhenti merokok jika Anda seorang perokok
  • Perbaiki posisi duduk, jika Anda cenderung membungkuk, hal tersebut dapat memicu terjadinya refluks asam lambung
  • Jika Anda sering merasakan gejala saat tidur malam hari, sebaiknya Anda berhenti makan dan minum paling tidak 3 jam sebelum tidur.
  • Stop obat-obatan yang dikonsumsi selama kehamilan yang mungkin menyebabkan timbul gejala. 

Jika perubahan gaya hidup tidak membantu, maka pertimbangkanlah obat yang dapat meredakan gejala. ntuk konsumsi obat ini, ada baiknya Anda berdiskusi lebih jauh dengan dokter dengan langsung memeriksakan diri.

Untuk memperkaya wawasan Anda, baca juga :

Tips Mengatasi Mag Saat Hamil

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan seputar Penyebab Nyeri Perut atas Saat Hamil. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar