Sukses

Penyebab Anemia dan Demam Pada Anak
27 Oct 2019, 11:45 WIB
Wanita, 27 tahun.

dok mau tanya anak saya umur 3th , demam sudah 1mingguan dan itu naik turun, keluar bercak merah tp bukan bintik, sudah periksa ke dokter dan katanya tidak apa-apa hanya kecapekan saja, dan hemoglobinnya turun, apa benar tidak papa dok? saya khawatir? apakah ada penjelsannya dok?terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Apakah saat pemeriksaan darah didapatkan leukosit meningkat? apakah didapatkan penurunan trombosit? Apakah hanya hemoglobinnya saja yang turun, berapa nilainnya? 

Penyebab demam pada anak sangat beragama mulai dari infeksi virus ataupun bakteri. Untuk mengetahui penyebabnya apa perlu dilakukan pemeriksaan darah yang pada kasus anak anda sudah dilakukan. Pada infeksi bakteri biasanya ditemukan peningkatan leukosit, sedangkan pada infeksi virus biasanya ditemukan penuruan leukosit dan trombosit. Jika pada kasus anda ditemukan semua normal hanya hemoglobinnya saja, maka kemungkinan memang bukan sesuatu yang serius dan perlu diobati. Anak hanya perlu istirahat dan makan bergizi untuk membantu tubuh melawan penyakitnya. 

Beberapa penyebab dari anemia atau hemoglobin rendah adalah:

- Rendahnya konsumsi besi

Diet makanan yang rendah besi dapat menimbulkan anemia. Besi yang didapatkan dari sayuran tidak diserap sebaik kandungan besi yang ada dalam daging. Beberapa penyakit seperti celiac dan crohn’s dapat mempengaruhi penyerapan zat besi.

- Kekurangan vitamin

Tubuh memerlukan vitamin B12 dan asam folat untuk membuat sel darah merah. Diet makanan yang rendah akan kandungan vitamin ini dapat menyebabkan anemia. Beberapa penyakit autoimmune juga dapat menyebabkan kelainan dalam penyerapan vitamin ini. Beberapa kandungan makanan seperti sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, roti, dan pasta mengandung asam folat.

- Penyakit Kronis

Beberapa penyakit kronis dan infeksi dapat menyebabkan tubuh memproduksi sel darah merah lebih sedikit. Keadaan ini dapat menurunkan kadar hemoglobin. Bila Anda kehilangan darah yang banyak juga dapat menyebabkan anemia.

- Keadaan Aplastik Anemia

Aplastik anemia merupakan suatu kondisi dimana terjadi kelainan sshingga sum-sum tulang tidak memproduksi sel darah yang cukup. Penyebabnya dapat berbagai macam seperti radiasi dalam dosis tinggi, beberapa bahan kimia, virus, dan penyakit auto-immune dimana menyebabkan tubuh menyerang tubuh sendiri, serta beberapa kasus dapat diturunkan.

- Kehilangan darah

Kehilangan darah merupakan salah satu peyebab dari anemia. Menstruasi dalam jumlah yang banyak, ulkus, kecelakaan atau pembedahan dapat menyebabkan hilangnya darah.

- Beberapa penyakit

Beberapa penyakit yang diturunkan seperti talsemia dan hemolytic anemia dapat menyebabkan gangguan dalam produksi sel darah merah. Penyakit seperti Sickle Cell Anenia dimana terjadi produksi sel darah merah yang bentuknya abnormal juga dapat menyebabkan anemia.

Untuk mengobati anemia memang sebaiknya diketahui dulu penyebab dari anemia. Sebaiknya anak kondumsi makanan tinggi zat besi dan vitamin B12. Beberapa makanan yang mengandung besi adalah daging merah, hati, ikan, tahu, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buah. Makanan yang tinggi akan vitamin B12 dan asam folat adalah telur, produk susu, bayam dan pisang.

Demikian, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar