Sukses

Hasil pemeriksaan fecal calprotectin

25 Oct 2019, 11:38 WIB
Pria, 24 tahun.

Permisi dok. Perkenalkan, umur saya 24 tahun, 171 cm/45 kg. Gol darah O. Sudah 4 minggu saya sakit perut bagian atas pusar, rasanya terkadang agak panas. Baru dalam 1 minggu terakhir, saya pernah muntah berkali-kali Saya sudah tes pylori dgn faeces HsPA, hasil non reaktif, namun uji fecal calprotectin nya tinggi (360) dari normalnya max 50. Yang jadi pertanyaan.. 1. Apa saja penyakit yang berkaitan dengan fecal calprotectin? 2. Bagaimana cara menurunkan hasil fecal supaya normal? Terima kasih atas perhatiannya

Terima kasih telah bertanya seputar pemeriksaan fecal calprotectin melalui fitur Tanya Dokter.

Fecal calprotectin adalah protein pengikat calcium dan zinc dimana penggunannya spesifik untuk melihat adanya netrofil, dimana netrofil merupakan indikator adanya proses inflamasi akut yang terjadi pada pada saluran pencernaan. Semakin tinggi kadar calprotectin menggambarkan banyaknya netrofil pada feses atau kotoran tersebut. Selain melalui pemeriksaan ini dilakukan juga pemeriksaan pendukung lain seperti pemeriksaan endoskopi, kultur feses dan pemeriksaan antibodi khusus yang salah satunya dilakukan untuk menilai penyebab gangguan pencernaan ataupun membedakan irritable bowel syndrome (IBS) atau irritable bowel disease (IBD) seperti penyakit crohn dan kolitis ulseratif.

Untuk lebih jelas mengenai hasil interpretasi tersebut, ada baiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam, guna mengetahui langkah selanjutnya.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar