Sukses

Telinga anak Mengeluarkan Cairan Bagaimana Mengobatinya

23 Oct 2019, 13:27 WIB
Wanita, 22 tahun.

Assalamualaikum,slmt mlm dok Permisi sy bertanya,ponakan laki2 saya umur 10bulan sudah seminggu lebih dia panas,Tapi panas nya hanya di siang hari dan hanya panas di kepala saja.. Dan udh seminggu lebih jg slalu keluar cairan kuning bau amis di telinga,sudah pakai obat tetes tp tidak sembuh juga.. Memang dari bayi jika sakit panas slalu di barengi keluar cairan dari telinga Tp kali ini udh seminggu lebih blm sembuh jg.. Apa tidak akan berdampak dok?dan bagaimana cara pengobatannya,mohon penjelasannya dok.. Terimakasih klikdoker

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter terkait cairan telinga pada anak.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluarnya cairan dari dalam telinga baik berupa darah, nanah, serumen (kotoran telinga), ataupun cairan jernih lainnya dalam dunia kedokteran dikenal sebagai otorrhea. Keluarnya cairan dari telinga bisa diakibatkan adanya iritasi atau infeksi dalam telinga biasanya akan diawali dengan gejala demam tinggi atau rasa tidak nyaman selama beberapa hari karena kupingnya yang terasa sakit. Disamping itu, pecahnya gendang telinga juga seringkali menimbulkan keluhan berupa keluarnya cairan berwarna kuning keputihan dengan sedikit darah dari telinga.

Kemungkinan besar cairan yang ada di telinga anak Anda disebabkan oleh peradangan pada telinga tengah yang bersifat akut atau tiba-tiba yang disebut Otitis Media Akut. Telinga tengah adalah organ yang memiliki penghalang yang biasanya dalam keadaan steril. Tetapi pada suatu keadaan jika terdapat infeksi bakteri pada nasofaring  dan faring, secara alamiah terdapat mekanisme pencegahan penjalaran bakteri memasuki telinga tengah oleh ezim pelindung dan bulu-bulu halus yang dimiliki oleh saluran tuba eustachii.

Eustachian tube atau saluran tuba menghubungkan antara telinga tengah dengan bagian nasofaring (salah satu bagian dari tenggorokan). Karena ada saluran tuba tersebut maka memudahkan terjadinya penyebaran infeksi dari saluran pernapasan atas ke telinga tengah.

Untuk memastikannya, diperlukan wawancara lebih lanjut dan diperlukan pemeriksaan secara langsung terhadap telinga Anda. Karena itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis THT segera untuk segera diketahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya.

 

Demikian penjelasan dari kami terkait cairan telinga pada anak. Salam sehat

0 Komentar

Belum ada komentar