Sukses

Radang Tenggorokan yang Belum Sembuh

23 Oct 2019, 08:01 WIB
Wanita, 70 tahun.

Saya punya sakit maag, selama ini kalo saya merasa ada gangguan di lambung saya makan promaag. Seminggu terakhir ini saya sakit batuk, tenggorokan radang, rasanya lemes dan mual. Sudah ke dokter, sudah minum obat. Obat abis tapi sakitnya tetep aja sampai sekarang. Gejala apa ya dok. Terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai radang tenggorokan yang belum sembuh melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Radang tenggorokan dan batuk yang tidak kunjung sembuh padahal sudah minum obat memang bisa sangat mengganggu. Penyebab dari radang tenggorokan cukup beragam, seperti:

- infeksi bakteri

- infeksi virus

- udara kering

- asam lambung meningkat

- alergi

- sinusitis

Karena Anda memiliki riwayat maag, mungkin saja penyebabnya karena asam lambung yang naik ke tenggorokan sehingga menyebabkan iritasi dan terjadilah radang tenggorokan. Maag bisa diatasi dengan makan yang teratur, tidak makan makanan yang pedas dan asem, yang terpenting makan sedikit namun sering. Untuk radang tenggorokan Anda, penanganan dirumah bisa dilakukan dengan berkumur dengan air garam hangat, mengkonsumsi minuman hangat, minum madu, dan cukupi kebutuhan cairan Anda. Namun, jika Anda merasa keluhan tidak juga berkurang, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik. Demikian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar