Sukses

Air Alkali Bagi Penderita Diabetes

22 Oct 2019, 16:13 WIB
Wanita, 46 tahun.

Dok sya penderita diabet bolehkah mnm air alkali Makasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai air alkali bagi penderita diabetes melalui fitur Tanya Dokter.

Air alkali memang sempat booming dan banyak dikonsumsi untuk kesehatan. Air alkali memiliki pH yang lebih tinggi dari air pada umumnya. Jika air minum pada umumnya memiliki pH 7 atau netral, air alkali memiliki pH 8 - 9. Sebuah studi pada tahun 2012 mengungkapkan, minum air alkali bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes. Hasilnya cukup mengejutkan. Setelah 3-6 bulan rutin minum air dengan pH basa, kadar gula darah, tekanan darah, dan lipid darah menurun secara drastis. 

Tetapi air alkali juga memiliki efek buruk terhadap kesehatan, yaitu jika diminum berlebih akan menghambat membunuh bakteri dan menyebabkan patogen masuk ke aliran darah. Kelebihan mengkonsumsi air alkali dalam tubuh juga mengakibatkan masalah gastrointestinal, iritasi kulit dan dapat mengganggu pH normal tubuh. 

Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan air alkali ini pada penderita diabetes. Oleh karena itu, sebelum Anda mengkonsumsi air alkali ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter yang menangani diabetes Anda, apakah ini aman dengan keadaan kesehatan Anda sekarang atau tidak. Demikian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar