Sukses

Haid Lebih Sering

22 Oct 2019, 15:08 WIB
Wanita, 13 tahun.

Assalamualaikum dok, saya tgl 2 oktober sampai 10 oktober haid, setelah itu keluar lagi tgl 14 oktober sampai sekarang, kira kira penyebabnya apa ya dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Walaikumsalam wr. wrb. Terima kasih telah bertanya mengenai haid lebih sering melalui fitur Tanya Dokter.

Siklus haid normal wanita biasanya berlangsung selama 21-35 hari. Tapi siklus haid tiap wanita berbeda - beda. Tidak semua mendapatkan siklus haid yang teratur. Ada yang siklusnya memanjang maupun memendek. Jika wanita lebih sering mengalami haid, atau siklusnya kurang dari 21 hari, dinamakan polimenorea. 

Polimenorea disebabkan karena ketidakseimbangan sistem hormonal. Ketidak seimbangan hormon tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada proses ovulasi (pelepasan sel telur) atau memendeknya waktu yang dibutuhkan untuk berlangsungnya suatu siklus menstruasi normal sehingga didapatkan menstruasi yang lebih sering. Pada umumnya, polimenorea bersifat sementara dan dapat sembuh dnegan sendirinya. Namun jika haid Anda tidak juga normal, dan polimenorea ini berlangsung terus - menerus, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan. Demikian yang dapat disampaikan mengenai haid lebih sering, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar