Sukses

Bruntusan di Seluruh Tubuh

22 Oct 2019, 14:07 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat malam dok, perkenalkan saya rosvelinda usia 19 tahun. Saya menderita penyakit sejenis bruntusan di tangan, leher, payudara, dan alat kelamin. Bruntusan ini bukan seperti diwajah pada umumnya, bentuknya seperti bintik kecil yang bergerombol dan ada yang menyebar. Saya pernah konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin, beliau bilang ini adalah jamur dalam darah serta hormon yang berlebihan. Beliau kasih saya salep dan obat lainnya, namun tidak efek sama sekali. Karena saya belum begitu mengerti penyakit ini jadi saya biarkan. Tapi lama kelamaan makin menyebar. Tolong dok saya ingin tau apa penyakit ini dan bagaimana cara untuk menyembuhkannya. Terimakasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya beberapa hal berikut dapat menyebabkan timbulnya bruntusan di tubuh :

1. Eksim atau dermatitis.

Eksim adalah peradangan pada kulit yang bisa terjadi karena zat iritan, bahan alergen, kulit terlalu kering, atau bisa disebabkan oleh stres. Gejala yang ditimbulkan oleh eksim adalah bintil kasar kemerahan yang disertai rasa gatal atau perih di kulit.

Tidak seperti biang keringat yang biasanya mengenai area tertutup, eksim sering kali mengenai area tubuh yang terbuka, walaupun pada dasarnya bisa mengenai area tubuh mana pun. Bila penyebab tidak diketahui atau sulit dihindarkan, eksim cenderung untuk terjadi secara berulang.

2. Infeksi jamur

Infeksi jamur juga tidak terlepas dari beruntusan. Biasanya, beruntusan akibat jamur dirasakan sangat gatal, cenderung meluas dan bertambah banyak bila tidak diobati. Lokasinya juga lebih sering di bagian tubuh yang lembap, seperti pada lipatan ketiak, lipat payudara, dan lipat paha.

3. Infeksi virus

Kondisi lainnya yang bisa memberikan beruntusan adalah infeksi virus. Beberapa jenis infeksi virus dapat menyebabkan kulit terasa kasar dan biasanya disertai dengan ruam kemerahan serta demam dan gatal. Ruam dan beruntusannya juga lebih menyeluruh (dapat mengenai seluruh area tubuh) dan bersifat akut.

4. Folikulitis

Peradangan di sekitar folikel rambut oleh bakteri juga bisa menyebabkan bisul-bisul kecil seperti beruntus. Bila peradangannya tidak terlalu berat, maka keluhan tidak akan timbul. Namun bila peradangannya berat, maka hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri. Lokasinya juga bisa di area mana saja yang memiliki rambut kasar, seperti di kepala, kaki, ataupun lengan.

5. Jerawat

Jerawat juga menyebabkan beruntusan, baik di wajah ataupun di punggung. Beruntusan ini dapat disertai warna kemerahan ataupun tidak. Pada jerawat, beruntusan terjadi karena adanya sumbatan di sekitar folikel rambut yang bila tidak ditangani dapat menyebabkan peradangan.

6. Alergi obat

Beberapa tipe alergi obat juga dapat memberikan tampilan kulit beruntusan dan disertai dengan ruam kemerahan, sama seperti pada infeksi virus. Namun pada alergi obat, biasanya tidak disertai dengan demam dan ditemukan riwayat penggunaan obat tersangka.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar dapat diketahuio pasti penyebab timbulnya bruntus. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar