Sukses

Penyebab Kesemutan di Tangan

22 Oct 2019, 14:02 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat Pagi dok. izin bertanya dokter. kadang saya mengalami kesemutan ditangan. ttpi tiba2 dan beberapa saat tidak bisa digerakkan. harus dipijat dahulu untuk kemudian kembali normal. hal trsebut juga terjadi di kaki (lebih jarang) tetapi efek sakitnya lebih sakit yang di kaki. ingin menanyakan hal tersebut terjadi karena apa dan solusinya bagaimana?. terima kasih atas jawabannya

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Dalam dunia medis, tangan kesemutan yang terjadi secara berkelanjutan disebut dengan parestesia jari. Kondisi ini didasari oleh gangguan saraf atau pembuluh darah di bagian tubuh tersebut. Penyebabnya antara lain:

  1. Kekurangan vitamin B. Vitamin B memegang peranan penting dalam menjaga sistem saraf tubuh. Karena itu, bila kekurangan zat gizi ini, tubuh akan mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang bisa terjadi adalah tangan kesemutan.
  2. Carpal Tunnel Syndrome (CTS).Carpal Tunnel Syndrome (CTS) alias sindrom terowongan karpal merupakan kondisi yang bisa menyebabkan jari tangan mengalami kesemutan, nyeri, maupun mati rasa atau kebas. Kondisi ini disebabkan oleh terjepitnya saraf pergelangan tangan, akibat terlalu lama menggunakan tangan dalam satu posisi yang sama.
  3. Diabetes. Tangan kesemutan yang terjadi terlalu sering dapat menjadi pertanda dari penyakit diabetes. Kondisi ini terjadi akibat kadar gula darah yang tidak terkontrol. Selain tangan kesemutan, penderita juga biasanya akan mengalami gejala lain seperti kram, dan kebas.
  4. Gangguan tiroid. Gangguan tiroid alias hipotiroidisme merupakan kondisi yang membuat kelenjar tiroid tidak mampu menghasilkan hormon dalam jumlah cukup. Beberapa keadaan yang dapat terjadi akibat kondisi ini adalah tangan kesemutan, kelelahan, peningkatan berat badan, kulit kering, serta rambut rontok.

Mengetahui bahwa tangan kesemutan dapat disebabkan oleh kondisi-kondisi di atas, sebaiknya Anda tidak menganggap sepele keluhan ini mulai sekarang. Segera terapkan gaya hidup sehat, berolahraga secara rutin dan teratur, serta istirahat cukup. Apabila hal ini dirasakan mengganggu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan wawancara dan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar