Sukses

Penanganan Stroke Ringan

21 Oct 2019, 14:51 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dokter, ibu saya terkena stroke ringan. Bagaimana cara penyembuhan secara psikoligis agar bisa seperti dulu lagi? Apakah boleh dibekam?

Terima kasih telah berkonsultasi seputar Penanganan stroke ringan pada fitur Tanya Dokter

 

Stroke adalah gangguan fungsional otak yang terjadi secara mendadak dengan tanda dan gejala klinis baik terlokalisir maupun menyeluruh yang berlangsung lebih dari 24 jam, atau dapat menimbulkan kematian yang disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak.

Berdasarkan penyebabnya, stroke dibedakan menjadi:

- Stroke hemoragik. Pecahnya pembuluh darah otak menyebabkan keluarnya darah ke jaringan otak, ruang cairan disekitar otak atau kombinasi keduanya. Penyebab Pecahnya pembuluh darah otak biasanya karena ada trauma aatau hipertensi, tetapi penyebab paling sering adalah kebocoran aneurisma pada area malformasi pembuluh darah otak.

- Stroke iskemik. Merupakan gejala gangguan fungsi atau kerusakan jaringan otak yang disebabkan akibat dari berkurangnya aliran darah ke otak, sehingga mengganggu pemenuhan kebutuhan darah dan oksigen di jaringan otak. Penyebabnya dapat karena sumbatan lemak, bekuan darah, atau berkurangnya seluruh aliran darah ke tubuh akibat gangguan denyut jantung.

Dalam masa penyembuhan stroke tetap perlu diketahui fungsi-fungsi saraf Anda. Terkadang yang dibutuhkan untuk mengatasi keluhan paska stroke adalah rehabilitasi medik atau latihan fisik pada daerah yang terganggu. Fungsi-fungsi saraf perlu diketahui untuk dapat melakukan rehabilitasi medik terhadap fungsi-fungsi yang menurun atau rusak. Rehabilitasi medik ini sangat penting agar Anda dapat melakukan aktivitas harian dengan semakin baik.

Kapan Anda terakhir kontrol dengan dokter? Setelah Anda kontrol ke dokter saraf  Anda dan dokter mengetahui keluhan Anda, akan dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar