Sukses

Pertolongan setelah Digigit Anjing

20 Oct 2019, 21:58 WIB
Wanita, 19 tahun.

Hello dok Saya semalam di gigit anjing tanpa sengaja.saya hanya sedik luka berdarah apakah saya itu terkena rabies?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya seputar efek gigitan anjing melalui fitur tanya Dokter.

Luka akibat gigitan hewan sangat rentan infeksi karena kuman yang terbawa dari rongga mulut hewan yang menggigit, sehingga umumnya diperlukan tindakan pembersihan dan perawatan luka yang baik. Pada prinsipnya, dengan menjaga luka bersih dan bebas dari infeksi, akan membantu proses penyembuhan dan penutupan luka.

Virus rabies terdapat di kandungan air liur hewan yang terinfeksi rabies. Hewan yang terinfeksi berpotensi menularkan kepada hewan lainnya atau bahkan ke manusia. Proses penularan dapat melalui gigitan dan jilatan. Diantara banyak hewan yang dapat menularkan rabies kepada manusia, yang paling sering menjadi penular rabies adalah anjing; hewan lainnya yang juga bisa menjadi sumber penularan rabies adalah kucing, rakun, sigung, kelelawar, rubah dan juga kera.

Pemberian vaksinasi anti rabies dengan vaksin purified vero rabies pada kasus gigitan hewan tersangka rabies akan akan sangat memberikan perlindungan dari penyakit rabies yang bersifat fatal. Oleh karena itu, kami menyarankan agar saudara anda tetap disuntik vaksin anti rabies kecuali jika anda yakin bahwa tergigit oleh anjing peliharaan yang telah disuntik vaksin rabies.

Baca juga: Pertolongan Pertama Saat Anak Digigit Anjing Peliharaan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar