Sukses

Bangun Tidur Terasa Sesak Apa Penyebabnya

17 Oct 2019, 12:53 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok mau tanya dok, kejadian ini udah beberapa bln yang lalu. Dan skrg tdk terjadi cman sya penasaran dok. Jadi sya pernah kebangun tengah malam dan tiba2 aja jantung saya berdetak sangat cepat, sya keringat dingin, dan sesak nafas dan pusing jga dok. Tapi anehnya badan saya kerasa kebakar semua, panas banget. Sampe kayak gak tahan. Posisi saya waktu itu langsung bangun duduk di atas tempat tidur, tapi karna saking gak tahannya sya akhirnya rebahan dan mulai ngatur aliran nafas saya sendiri dok. Lama kelamaan dia mereda. Sya baru kali itu ngerasain kayak gitu dok. Apakah sya harus segera check up jantung atau gimana dok? Makasih...

Terima kasih telah bertanya tentang pusing setelah bangun tidur melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Rasa pusing yang Anda rasakan dapat diakibatkan karena perubahan posisi yang drastis (tiba - tiba). Kami menyarankan Anda untuk tidak langsung melakukan aktifitas pada saat bangun tidur, seperti memeriksa ponsel ataupun langsung berdiri setelah bangun tidur. Mudah mudahan hal sederhana ini dapat mengurangi keluhan yang Anda rasakan.

Keluhan Anda bersifat sangat umum dan dapat diakibatkan oleh banyak hal. Dapat karena asupan makanan yang kurang atau terlambat makan, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat atau jam tidur tidak mencukupi, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, ataupun tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter di puskesmas terdekat untuk diperiksa lebih jauh.

Sementara itu, Anda dapat mencoba istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu).Keluhan sakit kepala Anda juga dapat disebabkan karena kurang darah. Kami sertakan artikel untuk menambah informasi Anda: Sering Lemas? Waspadai Kurang Darah.

Apabila hasil pemeriksaan kesehatan Anda normal, maka mungkin penyebabnya adalah karena Anda belum menjalani pola hidup sehat. Jalani pola hidup sehat dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  • Jangan langsung tidur setelah makan malam
  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
  • Hindari stresTidur cukup 7-8 jam/hari
  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30 menit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pusing setelah bangun tidur. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar