Sukses

Bleeding Time Rendah apakah Berbahaya

17 Oct 2019, 10:06 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok hasil pemeriksaan bleeding time dan cloting time saya rendah itu diagnosisnya bagaimana ya ?

Terima kasih telang menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter terkait bleeding time.

Namun kami perlu mengetahui dengan persis berapa nilai bleeding time anda. Secara umum Pemeriksaan Bleeding Time digunakan untuk mengetahui masa pendarah seseorang. Nilai normal penetapan masa pendarahan (Bleending Time) adalah 1-6 menit. BT yang memanjang terjadi pada gangguan fungsi trombosit atau jumlah trombosit dibawah 100.000/ mm3. Pemanjangan BT menunjukkan adanya defek hemostasis, termasuk didalamnya trombositopenia (biasanya dibawah 100.000/ mm3), gangguan fungsi trombosit heriditer, defek vaskuler kegagalan vasokonstriksi), penyakit Von Willebrand's disease, disseminated intravascular coagulation (DIC), defek fungsi trombosit (Bernard-Soulier disease dan Glanzmann’s thrombasthenia) , penggunaan obat-obatan (aspirin/ ASA, inhibitor siklooksigenase, warfarin, heparin, nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID), beta-blockers, alkohol, antibiotika) dan hipofibrinogenemia. 

Sedangkan Laju Endap Darah (LED) atau disebut juga Erythrocyte Sedimentation Rate (ESR) adalah kecepatan sel darah merah berpresipitasi atau mengendap dalam jangka waktu 1 jam. Cara pemeriksaan LED yang sering dipakai adalah Wintrobe dan cara Westergren.

Wintrobe nilai rujukan :

  • Wanita 0 -- 20 mm/jam
  • Pria   0 -- 10 mm/jam

Westergren nilai rujukan :

  • Wanita 0 -- 15 mm/jam
  • Pria   0 -- 10mm/jamLED

mencerminkan peradangan akut dan kronik, proses kematian sel, proses degeneratif, serta penyakit limfoproliferatif yang dapat menyebabkan perubahan pada protein plasma yang terdapat di darah yang mengakibatkan penggumpalan dari sel darah merah.

Peningkatan LED merupakan respon yang tidak spesifik terhadap kerusakan jaringan dan merupakan petunjuk adanya penyakit. Peningkatan LED menunjukkan suatu infeksi yang aktif atau terapi penyakit sebelumnya yang tidak berhasil. LED yang tinggi juga dapat dijumpai pada keadaan-keadaan seperti haid, anemia, kehamilan setelah bulan ketiga, dan pada orang tua. Beberapa obat-obatan juga dapat meningkatkan hasil LED, diantaranya dextran, metildopa, kontrasepsi oral, teofilin, penisilamin prokainamid, dan vitamin A, sementara aspirin, kortison, dan kuinin dapat menurunkan LED.

LED dapat dipakai untuk menilai perjalanan dari penyakit. Peningkatan laju endap darah dibandingkan sebelumnya menunjukkan proses yang meluas, sedangkan laju endap darah yang menurun dibandingkan sebelumnya menunjukkan suatu perbaikan.

Karena LED merupakan penanda infeksi nonspesifik dan dipengaruhi oleh banyak faktor  (teknik, obat-obatan), hasil yang didapatkan sebaiknya dikonfirmasikan dengan gejala klinis yang terjadi dan hasil laboratorium yang lain. Diagnosis suatu penyakit tidak dapat diambil hanya dengan melihat hasil LED saja. Jadi pada kasus dimana terdapat peningkatan LED dari nilai normal maka harus dikonfirmasi dengan gejala yang ada atau dikonfirmasi dengan pemeriksaan laboratorium lain. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan terkait bleeding time, semoga dapat membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar