Sukses

Ibu hamil nyeri perut kiri atas

16 Oct 2019, 16:29 WIB
Wanita, 28 tahun.

apa penyebabnya ibu hamil sering sakit dibawah dada sebelah kiri

Terima kasih telah bertanya mengenai ibu hamil nyeri perut kiri atas melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Apakah sebelum hamil sudah mengalami nyeri demikian? Adakah riwayat gangguan asam lambung?

Salah satu penyebab nyeri daerah perut kiri atas pada kehamilan adalah refluks asam lambung. Pada kehamilan biasanya karena perut yang membesar sehingga mendesak diafragma dan mengakibatkan sesak tetapi jarang disertai dengan nyeri dada. Peningkatan asam lambung biasanya dapat menimbulkan gejala nyeri dada atau perasaan sesak diikuti nyeri ulu hati, hal ini biasanya disebabkan oleh GERD atau Gastro-esophageal reflux disease (refluks asam lambung ke kerongkongan). Faktor-faktor risiko yang mengakibatkan GERD juga termasuk kehamilan, obesitas, diet lemak tinggi, obat-obatan tertentu, stres, konsumsi tembakau atau alkohol dan sebagainya.

Gejala GERD adalah perut yang mulas, rasa asam atau pahit di bagian belakang mulut atau tenggorokan, masalah menelan, mual, nyeri dada dari GERD dapat meniru serangan jantung, kembung, begah/sesak, dan banyak lainnya. 

Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda. Konsultasikan langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk diagnosis dan tata laksana lanjutan

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan seputar ibu hamil nyeri perut kiri atas. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar