Sukses

Penyakit Gondongan

16 Oct 2019, 17:07 WIB
Pria, 35 tahun.

gejala-gejala gondongan itu ap aj? n apa bengkak di bawah rahanag yg terasa sakit, merupakan penyakit gondongan?

Terima kasih telah berkonsultasi seputar penyakit gondongan pada fitur Tanya Dokter

 

Gondongan (Mumps, Parotitis Epidemika) adalah suatu infeksi virus menular yang menyebabkan pembengkakan unilateral (satu sisi) atau bilateral (kedua sisi) pada kelenjar liur disertai nyeri. Mumps disebabkan oleh paramyxovirus. Virus ini ditularkan melalui percikan ludah yang berasal dari bersin atau batuk penderita atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita.

Jika dibandingkan dengan campak atau cacar air, gondongan tidak terlalu menular. Kebanyakan penyakit ini menyerang anak-anak yang berumur 2-15 tahun, namun pada orang dewasa justru lebih berat. Jarang ditemukan pada anak yang berumur kurang dari 2 tahun. Jika seseorang pernah menderita gondongan, maka dia akan memiliki kekebalan seumur hidupnya. Infeksi Mumps umumnya dikhawatirkan bila terjadi pada trimester pertama, namun belum dijumpai hubungan signifikan antara infeksi ini dengan kelainan kongenital bayi, namun kami tetap menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter.

Yang terkena biasanya adalah kelenjar parotis, yaitu kelenjar ludah yang terletak diantara telinga dan rahang. Pada orang dewasa, infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya. Masa inkubasi adalah 14-24 hari.

Terkait obat yang disebutkan, Anda bisa mengganti obat merk lain yang juga mengandung tinoridine atau kalium diclofenac.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar