Sukses

Haid Tidak Teratur

15 Oct 2019, 14:44 WIB
Wanita, 22 tahun.

selamat malam dok,saya mau tanya. pada bulan Mei 2018 saya tiba-tiba tidak pernah menstruasi hingga juli 2019,lalu pada bulan Oktober 2018 saya di diagnosa TB paru. bulan agustus 2019 saya kembali mentruasi tapi dari bulan September hingga bulan ini saya kembali tidak menstruasi lagi. hingga sekarang saya masih meminum obat TB. apakah penyakit Tb mempengaruhi hormon saya? atau ada indikasi sakit lain di organ reproduksi saya?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai haid tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Siklus haid tiap wanita memang beragam. Normalnya siklus haid berkisar antara 21-35 hari dan terjadi selama 2-8 hari. Banyak hal yang menjadi penyebab haid tidak teratur, yaitu:

-kehamilan

-stress

-berat badan terlalu rendah

-obesitas

-penggunaan KB

-sindrom polikistik ovarium

-gangguan hormon tiroid

Semua penyebab diatas, membuat hormon wanita menjadi terganggu dan menyebabkan haid tidak teratur. Tapi, ada juga obat TB yang efek sampingnya dapat membuat haid tidak teratur, yaitu rifampicin. Obat ini dapat membuat hormon estrogen menurun. Namun, pengobatan TB harus tetap Anda lanjutkan sampai Anda dinyatakan sembuh dari TB. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter terkait masalah ini agar diberikan solusi yang terbaik. Demikian yang dapat disampaikan mengenai haid tidak teratur, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar