Sukses

Lingkar Perut Membesar

15 Oct 2019, 09:37 WIB
Pria, 23 tahun.

dok, perkenalkan nama saya Rafid H.A dari Undaan Kidul, Kudus. saya mulai mengeluhkan lingkar perut saya yg nampak membuncit yah kira2 seukuran 87 cm, apakah lingkar perut sy ini msh dikatakan normal dok ( biasa2 saja ) atau sudah melewati batas normal. Soalnya sy itu merasa kurang percaya diri kalo punya perut yg semakin membundar dok bak seperti perut apel. Makanan apa yg harus sy konsumsi agar lemak dalam perutku bisa hancur dalam beberapa minggu ke depan ? apakah sy hrs meninggalkan nasi putih yg katanya mengandung indeks glikemik tinggi dn brp porsi nasi yg harus sy konsumsi agar lemak perut gak nambah2 ? sy bingung soalnya di rumah makanan yg sering dihidangkan di meja makan rata2 serba digoreng terus sm pembantu di rumah saya. apa yg harus sy makan dok biar punya perut yg ramping ? terima kasih dok dan mohon jawaban dan solusinya ?

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Cara paling mudah untuk mengetahui perut termasuk buncit atau tidak adalah dengan mengukur lingkar pinggang. Lingkar pinggang normal pada wanita ialah di bawah 80 cm dan pada pria di bawah 90 cm.

Untuk dapat mengatasi hal tersebut, harus menjaga pola hidup yang sehat, dari menjaga pola makan, istirahat, kelola stres yang baik hingga olahraga rutin.

Dalam menjaga pola makan, sangat penting untuk memperhatikan komposisi makanan yang disantap setiap kali makan. Dalam satu porsi makan, sebaiknya 1/2 porsi terdiri dari sumber serat berupa sayur, 1/4 sumber karbohidrat seperti kentang maupun nasi dan 1/4 sumber protein baik ayam maupun daging. Selain itu, kebutuhan air minimal 2 liter dalam sehari harus terpenuhi jika tidak memiliki riwayat sakit lain seperti gagal jantung maupun gagal ginjal. Olahraga rutin juga harus diterapkan minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi sekitar 30 menit setiap kali berolahraga.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar