Sukses

Badan Lemas disertai Mual

14 Oct 2019, 12:05 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok saya sering mengalami mual tanpa sebab. Kadang di pagi hari. Kadang memakan sesuatu langsung mual. Malah akhir-akhir ini ketika masuk malam saya berkeringat dingin. Badan juga sering lemas padahl cek gula darah masih normal antara 70-100.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Badan lemas disertai mual adalah sebagai berikut:

  • Penyakit gastritis, Gastritis adalah suatu infeksi pada lambung. Biasanya kondisi ini dialami oleh mereka yang tidak mengatur pola makan dengan baik. Selain itu, bagi mereka yang memiliki riwayat mag, sering kali gastritis dialami setelah mengonsumsi makanan seperti yang terlalu pedas atau asam.
  • Infeksi virus. Terdeteksinya infeksi virus yang disebabkan oleh demam berdarah, flu, dan sebagainya juga dapat mengakibatkan tubuh lemas dan mual.
  • Hipoglikemia. Kadar gula darah yang terlalu rendah juga dapat memberikan dampak tubuh lemas dan mual. Berkurangnya kadar gula dalam tubuh, atau hipoglikemia, justru lebih berbahaya dibandingkan kondisi kadar gula terlalu tinggi.
  • Diet. Diet yang salah juga dapat mengakibatkan keluhan badan lemas. Pasalnya, karbohidrat merupakan sumber energi. Akan tetapi, jika seseorang melakukan diet rendah karbohidrat, otomatis sumber energi pun tidak ada dan keluhan lemas ini terjadi.
  • Kelelahan. Jika seseorang mengalami kelelahan, alhasil pola tidur pun terganggu. Hal ini kemudian mengakibatkan sakit kepala, serta berdampak pada ketidaknyamanan pada perut, sehingga timbul keluhan mual ini.

Cara untuk mengantisipasi badan lemas disertai mual adalah dengan mencari tahu apa penyebab dari keluhan ini. Lakukan juga pola hidup yang lebih teratur, seperti konsumsi makanan bergizi seimbang, beristirahat yang cukup, berolahraga yang teratur, serta mengelola stres dengan baik. Penting juga untuk berhenti merokok jika Anda masih memiliki kebiasaan ini.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar