Sukses

Pengobatan Saraf Kejepit

13 Oct 2019, 05:21 WIB
Pria, 34 tahun.

Bagaimana cara mengobati syaraf kejepit Dok?

Halo! Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Keluhan syaraf terjepit biasanya ditandai dengan nyeri pinggang. Secara medis, hal ini disebut ischialgia.

Ischialgia adalah penekanan saraf ischiadicus yang mengakibatkan gejala nyeri yang menjalar dari pingang hingga tungkai. Hal ini dapat diakibatkan oleh berbagai sebab, namun yang paling sering adalah HNP (Hernia Nucleus Pulposus).

HNP adalah suatu kondisi di mana sebagian atau seluruh bagian tengah dari lempengan intervertebralis yang lembut dan seperti agar-agar keluar menonjol melalui bagian lemah dari lempeng secara terpaksa, sehingga gejala yang sering dialami adalah nyeri punggung karena iritasi persarafan yang terjepit oleh tonjolan tersebut.

Penyebabnya seringkali adalah trauma yang terjadi terus menerus seperti misalnya jatuh terduduk, kecelakaan, posisi tubuh yang tidak tepat dalam mengangkat barang atau duduk. Berat badan berlebihan dan kebiasaan memposisikan tubuh dengan tidak tepat juga seringkali menjadi faktor penyebab. Pada beberapa kasus juga disebabkan karena kelainan bentuk tulang belakang. (Baca: 14 Penyebab Nyeri Punggung Bawah)

Nyeri biasanya sering terjadi hanya pada satu sisi tubuh dan terjadi perlahan-lahan, hilang timbul atau semakin parah. Terapi HNP dapat dilakukan dengan obat-obatan, fisioterapi, sampai operasi untuk kasus yang berat.

Jika merasakan keluhan nyeri disertai kesemutan rasa kebas yang juga tidak menghilang dengan pengobatan, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti MRI untuk memastikan apakah ada saraf yang terjepit. Hal ini perlu segera ditangani, karena jika terlambat dapat menyebabkan kelumpuhan anggota tubuh terkait.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk evaluasi lebih lanjut (pemeriksaan fisik dan MRI) agar mendapatkan terapi yang tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar