Sukses

sering migrain

12 Oct 2019, 21:51 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dok, Akhir-akhir ini saya sering mengalami migrain, bahkan hampir setiap hari. Dan seringkali kambuhnya ketika sudah masuk waktu sore. Saya mau bertanya, apa penyebab seseorang sering mengalami migrain, dan bagaimana solusinya

Terima kasih telah bertanya seputar sering migrain melalui fitur Tanya Dokter.

Migrain memang dapat dicetuskan oleh berbagai faktor seperti makanan, alkohol, stres, dan faktor hormonal. Penelitian yang dilakukan oleh Mukamal dkk menunjukkan bahwa keluhan migrain juga dapat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan seperti temperatur udara, kelembaban, dan tekanan barometrik.

Keluhan migrain yang Anda alami dapat diatasi dengan mengonsumsi obat golongan antiradang bukan steroid (OAINS/NSAID) seperti asam mefenamat, ibuprofen, atau natrium diklofenak. Tidur dan terapi relaksasi juga seringkali merupakan obat mujarab untuk menghilangkan migrain ini. Namun sebaik-baiknya pengobatan, yang terbaik adalah mencegah keluhan tersebut agar tidak timbul kembali. Oleh sebab itu, mulailah menghindari faktor-faktor pencetus migrain seperti merokok (aktif ataupun pasif), konsumsi bahan makanan yang mengandung MSG, alkohol, keju, kacang-kacangan, dan (pada kasus Anda) faktor stres emosional. Selain itu, cobalah untuk mulai berolahraga secara teratur dan penuhi kebutuhan cairan Anda dengan mengonsumsi banyak air.

Namun jika keluhan terus mengganggu dan tak membaik, lebih baik periksakan diri anda dengan dokter guna diagnosis dan penanganan yang tepat.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar