Sukses

Chikungunya

12 Oct 2019, 21:48 WIB
Wanita, 49 tahun.

assalammulaikum dokter...saya wkt bln januari ky kena chikungunyah...dgn tanda2 demam tinggi, linu and kaku kaki and tangan, pusing hari ke 6 keluar bercak merah2...saya sempet berobat kedokter penyakit dlm sampe dicek seluruh termak asam urat..semuanya normal...sembuh tp skrg yg saya alami adalah..sering kaku kaki am tangan kdg tangan bengkak...aplg kl berdiri lama pasti kambuh...yg say mau tanyakan..penyakit apa yg saya alami ya dok..krn ini nga sembuh2 mksih yaa

Terima kasih telah bertanya seputar chikungunya melalui fitur Tanya Dokter.

Penyakit Chikungunya serupa dengan demam dengue (klasifikasi demam berdarah yang paling ringan, karena tidak disertai perdarahan) yaitu demam, sakit kepala, meriang, mual, lemah, muntah, nyeri sendi dan bercak kemerahan  pada kulit. Yang membedakan gejala penyakit ini dengan demam dengue adalah nyeri di persendian yang hebat dan kadang  terus menerus sehingga tangan dan kaki sulit digerakkan. Seringkali pada anak tidak timbul gejala apapun.

Pengobatan yang diberikan pada penyakit Chikunya bersifat suportif; yaitu mengurangi gejala demam dengan antipiretik, non-steroid anti-inflamasi drugs (NSAID) untuk mengurangi nyeri pada sendi dan banyak istirahat dan meningkatkan asupan gizi dapat mempercepat kesembuhan.

Nyeri sendi pada penyakit Chikungunya bervariasi lama munculnya. Pada pasien yang lebih muda nyeri dapat hilang antara 5 -  15 hari, pada pasien usia pertengahan seperti Anda antara 1 - 2,5 bulan. Namun, pada beberapa pasien nyeri sendri dapat terus muncul hingga 2 tahun. Kami menyarankan Anda kembali ke dokter spesialis penyakit dalam yang menangani Anda untuk mendapatkan tatalaksana nyeri sendi yang Anda alami atau untuk melihat perkembangan penyakit anda yang sebelumnya.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar