Sukses

Puting Mengeluarkan Darah Pertanda Sakit Apa?

11 Oct 2019, 14:30 WIB
Wanita, 25 tahun.

sudah satu minggu puting saya mengeluarkan darah, padahal tidak ada rasa sakit ataupun benjolan. dan saya sudah periksa ke dokter kandungan katanya ada hormon yang berlebih. lalu saya diberi pil semacam pil kb untuk melancarkan haid. mohon info dok ini penyakit apa? Terima Kasih

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com terkait puting berdarah

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Keluar cairan darah dari puting susu kemungkinan disebabkan adanya peradangan pada payudara Anda. Hal ini perlu menjadi kewaspadaan tersendiri karena tidaklah normal untuk keluar cairan darah dari puting, terutama apabila tidak dalam kondisi hamil atau menyusui. Mungkin yang perlu digali lebih dalam adalah apakah cairan tersebut memang keluar dari dalam puting ataukah terdapat perlukaan di sekitar puting sehingga mengeluarkan darah? Lalu adakah riwayat benjolan payudara (jinak maupun kanker) di dalam keluarga Anda? Adakah keluhan lain seperti nafsu makan berkurang dan berat badan berkurang signifikan beberapa bulan terakhir?

Payudara memerah dan terasa sakit jika disentuh disertai dengan keluarnya nanah dan darah dari puting payudara, dapat juga terjadi akibat adanya infeksi payudara, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah mastitis. Infeksi pada payudara biasanya terjadi pada payudara wanita yang telah menyusui, namun tidak menyingkirkan kemungkinan untuk timbulnya infeksi payudara pada wanita yang tidak menyusui. Infeksi payudara ini dapat terjadi akibat adanya luka pada payudara yang terinfeksi ataupun akibat adanya perluasan infeksi dari daerah sekitarnya (misal akibat hidradenitis supuratifa dari ketiak).

Wanita yang belum menyusui yang mengalami mastitis sebaiknya perlu menjalani pemeriksaan mammogram atau biopsi payudara. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dini adanya kanker payudara, karena kanker payudara dapat memberikan gejala yang menyerupai mastitis (antara lain keluarnya nanah dan darah dari putting payudara)

Untuk itu, kami sarankan agar segera Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis bedah atau spesialis onkologi. Dengan melakukan pemeriksaan secara langsung dan ditunjang oleh adanya pemeriksaan penunjang, maka dapat diketahui dengan pasti penyebab timbulnya luka dan darah pada payudara Anda. Deteksi penyakit secara dini akan memberikan prognosis kesembuhan penyakit yang lebih baik. Jika keluhan pada payudara Anda benar disebabkan oleh infeksi, dokter akan membersihkan luka pada payudara Anda, mengeluarkan nanah yang terdapat didalamnya dan memberikan Anda antibiotik untuk diminum selama beberapa hari.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan terkait puting berdarah. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar