Sukses

Pasca Operasi Cedera ACL Apakah Bisa Terluka Kembali?

11 Oct 2019, 14:30 WIB
Pria, 44 tahun.

beberapa bulan lalu, saya mengalami rasa sakit di lutut & bengkak. kemudian sy ke dokter Sp PD, diambil cairan dilutut kemudian diminta di MRI. setelah MRI dinyatakan 2 meniskus sobek dan 1 ligament (acl) sobek. kemudian saya dirujuk ke dokter Sp OT. setelah saya baca2 umumnya robeknya ligament dan meniskus adalah karena cidera olahraga/ jatuh, dll. sedangkan seingat saya saya tida mengalami jatuh atau kecelakaan beberapa tahun terakhir. apakah bisa ACL & Meniscus Tear disebabkan oleh RA (rheumatoid arthritis)? jika benar apakah setelah operasi (jahit acl & meniskus) bisa terluka kembali? terima kasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. terkait apakah pasca operasi ACL bisa terluka kembali

Terdapat 4 jenis ligamen yang berada di sekeliling lutut, antara lain:

  • Medial collateral ligament (MCL) 
  • Lateral collateral ligament (LCL) 
  • Anterior cruciate ligament (ACL)
  • Posterior cruciate ligament (PCL) 

Cedera ligamen lutut paling sering mengenai ACL(ligamen yang berada di tengah depan). Penyebab tersering adalah terkena hantaman keras di sisi lutut seperti saat bermain sepak bola, hiperekstensi lutut, akibat stop tiba-tiba dan berubah arah saat lari, posisi turun saat loncat yang salah. Olahraga basket, sepakbola, dan ski merupakan jenis olahraga yang dihubungkan dengan cedera ligamen lutut.

Untuk permeriksaan ligamen yang robek misalnya MCL atau ACL tear, dapat didiagnosis dengan pemeriksaan fisik. Untuk pemeriksaan penunjang, dapat dilakukan pemeriksaan seperti MRI ataupun arthroscopy (pemeriksaan invasif dengan dilakukan tindakan pembedahan untuk diagnostik)

Operasi pada ligamen bergantung dari besarnya robekan yang terjadi. Pada cedera ligamen lutut yang mengganggu kualitas hidup dan pada pasien yang aktif bergerak dibutuhkan operasi pada ligamen.

Sekitar 80% orang yang menjalani operasi ligamen mendapatkan hasil yang baik, meskipun terkadang masih dapat mengeluhkan nyeri. Pada pasien yang tidak dioperasi sekitar 50% mengeluhkan ketidakstabilan lutut. Konsultasikan kondisi Anda ke Dokter Spesialis Orthopedi untuk mendapatkan solusi terbaik.

Demikian penjelasan dari kami terkait apakah pasca operasi ACL bisa terluka kembali

0 Komentar

Belum ada komentar