Sukses

Kaki nyeri dan bengkak

11 Oct 2019, 12:50 WIB
Pria, 32 tahun.

assalamualaikum ,sudah 3 minggu ini saya merasa sakit d bagian kaki ,terasa lemas gemetaran dan akhir2 ini menjadi bengkak ,selain itu d bagian lengan sampai tungkai bawah menjalar ke blakang bagian kiri terasa berat seperti tertindih benda berat ,kira2 itu gejala penyakit apa y dok

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri kaki dan bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Ada beberapa penyebab dari kaki nyeri dan bengkak, seperti dibawah ini:

  • Penyandang gagal jantung mengalami sesak napas dan kaki bengkak. Kaki akan terasa bengkak khususnya setelah beraktivitas lama. Lebih lanjut, bahwa penderita gagal jantung biasanya juga cepat merasa lelah. Kegiatan yang seharusnya tidak melelahkan akan terasa berat bagi mereka.

  • Ginjal adalah organ yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan tubuh. Gangguan pada ginjal akan berpengaruh terhadap cairan tubuh dan terjadilah sindrom nefrotik. Pasien yang mengalami kondisi ini akan mengeluarkan protein dalam jumlah banyak melalui urine. Setelah proses ini, protein tubuh akan berkurang, sehingga menyebabkan cairan tubuh keluar dari pembuluh darah dan timbul bengkak pada kaki. Pembengkakan ini biasanya cukup berat dan mempengaruhi seluruh tubuh.

  • Edema adalah istilah medis untuk pembengkakan yang terjadi ketika terdapat cairan yang terperangkap di jaringan tubuh. Biasanya kondisi ini memengaruhi kaki, meski bisa juga terjadi di bagian lain tubuh lain seperti wajah atau perut. Meski bisa hilang dengan sendirinya, terkadang edema juga terjadi karena adanya penyebab mendasar yang membutuhkan perawatan medis. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi asupan garam dan berbaring sambil mengangkat kaki hingga berada di atas dada. Namun, jika pembengkakan yang dialami tidak kunjung membaik, bicaralah kepada dokter untuk memeriksa penyebabnya. Sebab, edema juga bisa menjadi gejala awal dari penyakit lain yang mungkin lebih berat.

Jika Anda mengalaminya dan tidak kunjung membaik, segera periksakan kaki yang bengkak untuk mendapatkan penanganan dini yang tepat.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, smeoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar