Sukses

Efek Samping Suntik KB 3 Bulan

11 Oct 2019, 11:09 WIB
Wanita, 20 tahun.

Malm dok .. Saya mau tanya dari pertama suntik kb 3bulan bru satu kali dpet head .. Kb kedua sampe sekarang gk pernah dpet head lagi bahkan flek pun juga gk ada dok .. Sudah satu ini gk dpet head dok .. Apakah berbahaya dok apakah ada msalah difisik saya ini dok sampe gk dapet head .. Dan bagaimana caranya dok bila saya ingin dpet head normal kaya biasanya .. Apah harus ganti kb apah gimna dok .. Mohon satunya dok .. ??

Terima kasih telah menggunakan layanan  Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. KB suntik merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan memberikan suntikan hormon (hormon progestin atau kombinasi hormon estrogen dan progesteron) ke dalam tubuh. Pemberian hormon melalui KB suntik mampu mencegah kehamilan dengan cara:

  • Menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur)
  • Mempertebal lendir mukosa leher rahim
  • Mengganggu pergerakan silia saluran tuba
  • Menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium (dinding rahim)

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Hal ini tidak membahayakan karena memang merupakan efek samping dari penggunaan hormon. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar