Sukses

nyeri sendi dan bengkak

11 Oct 2019, 09:35 WIB
Pria, 54 tahun.

Akhir2 ini rata2 bangun pagi, mau genggam tangan terasa kaku dan terasa ke agak gemuk jari2 tangan, sendi2 jari terasa sedikit sakit tapi sesudah bangun gak sakit lagi, talapak tangan kanan kadang sedikit bengkak dan telapak kaki kadang sedikit bengkak, tapi rata2 siang hilang. kira2 saran dokter apa ya?, tq

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri sendi dan bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Jika dari keluhan yang anda kemukakan, mungkin saja anda mengalami artritis atau peradangan pada sendi. Artritis merupakan suatu kondisi kesehatan yang melibatkan peradangan pada persendian tubuh. Sering kali, terjadinya peradangan sendi merupakan tanda dan gejala dari suatu kondisi yang mendasari, dan oleh sebab itu terdapat banyak penyebab dari artritis. Beberapa penyebabnya yang paling sering adalah artritis gout, osteoartritis, artritis rematoid, dan lupus (SLE).

Artritis sering kali erat kaitannya dengan populasi lanjut usia, lengkap dengan data statistik yang menunjukkan bahwa orang-orang di atas 65 tahun memang merupakan populasi penderita utama artritis. Namun, yang sering terlupakan adalah, bahwa orang-orang yang yang lebih muda dari kelompok usia tersebut juga berisiko.

Hampir 30 persen dari seluruh penderita artritis  berusia di bawah 65 tahun. Sebagian individu masih berada pada kelompok usia remaja dan dewasa, sedangkan sebagian kecil lainnya bahkan menyerang kelompok usia anak-anak.

Pencegahan yang paling mudah adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, mengontrol berat badan, olahraga ringan yang dilakukan secara rutin, menghindari kegiatan yang banyak menggunakan kerja sendi, serta rutin melakukan pemeriksaan. Maka dari itu kami sarankan anda untuk memeriksakan diri agar dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang lainnya.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

1 Komentar