Sukses

Pengobatan TBC
09 Oct 2019, 15:59 WIB
Wanita, 26 tahun.

ada saudara batuk sudah 1 bulan. sudah 8 hari ini di rawat di RS. baru kemarin ketahuan sakit tbc. keadaan badan semakin kurus, sama sekali tdk mau makan, batuk tdk hilang jg & dada semakin nyeri. pakai masker selalu di lepas. sering ngigau. di ajak bicara jg sudah mulai susah. selalu tertidur. semenjak minum obat tbc, jadi mual2+muntah trs. minum air putih langsung muntah. apakah ada cara untuk penyembuhannya? apa bisa 100% sembuh total?

Terima kasih telah berkonsultasi seputar pengobatan TBC

 

TB paru dapat disembuhkan, hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar