Sukses

kesemutan kaki yang menjalar
08 Oct 2019, 13:18 WIB
Wanita, 24 tahun.

Pagi dok, saya ingin bertanya, kalo hilang rasa /numb pada bagian jari kaki, dimulai dari satu minggu yang lalu, terus sekarang diiringi sakit dan menyebar sekarang sudah di bagian dibawah pinggul, mulai hilang rasa.. bagaimana ya dok? Dan kira kira apa?

Terima kasih telah bertanya seputar kaki kesemutan menjalar melalui fitur Tanya Dokter. Sebelumnya, kami perlu bertanya terlebih dulu tentang kondisi Anda;

  • Sejak kapan Anda mengalaminya?Pada bagian mana kaki  Anda merasa kesemutan atau kebas?
  • Apakah keluhan tersebut dirasakan hilang-timbul atau menetap?
  • Adakah saat-saat tertentu dimana kesemutan dirasa memberat?
  • Apakah anda memiliki riwayat trauma ataupun benturan pada tempat kesemutannya?

Yang perlu Anda khawatirkan adalah jika keluhan kesemutan Anda semakin meluas dari hari ke hari, semakin sering dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti sakit kepala, muntah-muntah, kelumpuhan anggota tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan lain sebagainya. Jika hal-hal tersebut terjadi sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut sehingga Anda mendapatkan pengobatan yang tepat.

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya kesemutan, baik kesemutan yang bersifat sementara ataupun kesemutan yang berlangsung jangka panjang (kronis). Baberapa hal yang dapat menimbulkan kesemutan yang sementara antara lain adalah :

Penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll)Frekuensi napas cepatSerangan panikDehidrasi (kurang cairan)Kekurangan suplai darah pada tempat kesemutanSedangkan kesemutan yang berlangsung lama (kronis) dapat disebabkan oleh:

  • Gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dsbGangguan jantung dan pembuluh darah.
  • Gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.
  • Infeksi dan sindrom post-infeksiGangguan jaringan ikat dan imunitas
  • Kelainan darah, kulit, tulang, dan sendiKurang vitamin: vit B1, vit B5 dan B12Keganasan/tumor otak

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar