Sukses

Membersihkan Karang Gigi
08 Oct 2019, 11:12 WIB
Wanita, 19 tahun.

Hallo dokk, dokk saya penginn buang karang gigi dok,, kira2 sakit nda ya dok? Trs kira2 klo dibuang krng giginya butuh biaya brapa?? Saya ngrasa nda nyaman bangett, gusinya juga jadi bengkak, malu juga dok.. Darii duluu mau buang karang gigi takut sakitt dan takut biayanya mahall.. Minta info dan sarannya ya dokk... Terima kasih

Terima kasih sudah bertanya seputar Membersihkan Karang Gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya saya akan menjelaskan mengenai karang gigi. Plak akan "matang" setelah 1-2 hari tanpa penyikatan gigi sama sekali, dan mengandung material organik seperti lemak, protein dan enzim serta material anorganik yaitu mineral terutama kalsium dan fosfor.

Plak yang menumpuk dapat menyebabkan peradangan pada gusi, akibatnya gusi bengkak, warnanya merah terang, dan mudah berdarah. Kondisi ini juga dapat menyebabkan bau mulut karena plak akan diolah oleh bakteri dan menghasilkan senyawa sulfur yang menjadi sumber bau tak sedap. Bila tidak dibersihkan secara optimal, mineral-mineral yang berasal dari plak, air liur dan makanan akan terdeposit di dalam plak sehingga lama kelamaan plak akan mengeras, itulah yang disebut karang gigi (dental calculus).

Untuk membersihkan karang gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic, dimana alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi. Dengan cara penggunaan yang benar, Alat ultrasonic ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akarnya.

Namun, untuk biayanya sendiri kami tidak dapat memastikannya karena setiap RS maupun klinik memiliki variasi harga yang berbeda.

Baca juga artikel terkait :

Bisakah Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah?

Mengapa Terasa Ngilu Saat Karang Gigi Dibersihkan?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar