Sukses

Nyeri Tulang Belikat
07 Oct 2019, 23:02 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok. Saya sedang hamil. Kebetulan pencernaan kurang sehat, periksa ke bidan katanya hal yg normal. Tapi pertanyaan saya tentang sakit tulang belikat tidak terjawab dengan puas oleh bidan katanya ini hanya dehidrasi. Tolong dok, karena ini sudah mau 1 tahun tulang belikat sakit dan terasa pegal seperti habis mengangkat berat 1 kwintal saja. Apa ginjal saya yg bermasalah? Atau jantung? Karena sekali waktu pernah jantung terasa sakit dan nafas mendadak sesak. Tapi sekali itu dan gak pernah kerasa lagi. Pengobatan untuk sakit tulang belikat ini gimana ya dok? Kalau bisa tolong jelaskan penyebabnya.

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri tulang belikat melalui fitur Tanya Dokter.

Nyeri bahu dan punggung atas dapat disebabkan jaringan ikat di bahu antara tulang, spasme otot atau gangguan sendi.

Apakah Anda melakukan aktivitas mengangkat tangan secara berulang?

Sulit bagi kami untuk mengetahui apa yang terjadi pada bahu Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung karena kami harus memastikan ada tidaknya abnormalitas tulang dan sendi, inflamasi atau peradangan tendon dan atau bursa, penipisan hingga perobekkan tendon, dan lain-lain.

Apakah sudah dilakukan pemeriksaan rontgen? Untuk menangani gejala, memang diberikan obat anti nyeri / antiinflamasi atau anti spasme sesuai dengan faktor yang melatarbelakangi keluhan Anda.

Nyeri pada bahu atas sering dikaitkan dengan nyeri atau kaku leher. Pada sebagian kasus memang  nyeri ini merupakan suatu kondisi yang tidak perlu dikhawatirkan namun pada beberapa individu keluhan ini menjadi suatu keadaan yang sangat menggangu. Keluhan ini biasanya muncul akibat beberapa penyebab seperti salah posisi tidur, menggunakan komputer dengan waktu yang lama, ataupun akibat salah posisi duduk. Kecemasan dan stres juga dapat menyebabkan nyeri pada leher atau tulang belakang.

Cara mengatasi nyeri pada bahu dan punggung atas di rumah :

Bila sangat nyeri, Anda dapat mengkonsumsi obat-obatan untuk nyeri seperti parasetamol, ibuprofen atau beberapa anti-nyeri yang dapat dioles.Cobalah untuk mengompres bahu dan punggung atas dengan kompres hangat, dapat mengurangi nyeri dan kekakuan otot.Tidur dengan jumlah bantal yang tidak tinggi, cobalah untuk tidur dengan 1 bantal saja, hindari tidur dengan 2 atau 3 bantal selama masih ada nyeri dan kaku bahuCoba periksa postur tubuh Anda saat duduk, cobalah untuk selalu bersender dan tegap, namun hindari postur terlalu kaku.Hindari menyetir mobil selama bahu Anda kaku dan nyeri.Hindari mengangkat beban berat saat nyeri bahu. Bila mengangkat benda berat pastikan posisi dan cara mengangkat benar.Lakukan stretching secara teratur. Lakukan olahraga teratur minimal 3x/minggu agar otot fleksibel dan tidak kaku. Rasa nyeri yang Anda alami bisa disebabkan oleh spasme otot. Anda dapat melakukan pemijatan atau massage pada daerah punggung dan bahu dan istirahat.Anda dapat melakukan pemijatan atau massage pada daerah punggung dan bahu dan istirahat.Kami sarankan Anda untuk mengunjungi Dokter guna dilakukan pemeriksaan langsung sehingga tata laksana terbaik dapat diberikan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar