Sukses

Selangkangan Hitam
07 Oct 2019, 20:58 WIB
Wanita, 24 tahun.

Malam dok,saya punya keluhan area lipatan (maaf) selangkangan dan pantat hitam. Terutama area pantat,seperti banyak jerawat kecil,hitam,ruam,kasar. Kira-kira apa penyebab nya dok? Atau saya harus langsung ke Dokter Spesialis Kulit?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai selangkangan hitam melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya izinkan kami bertanya, sejak berapa lama Anda merasakan keluhan tersebut? Apakah ada rasa gatal didaerah selangkangan, terutama saat berkeringat atau lembab? Seperti apa ruam pada selangkangan Anda, apakah berbatas tegas? Apakah daerah selangkangan Anda seperti terkelupas atau bersisik?

Selangkangan hitam bisa saja merupakan hal yang normal, jika jawaban Anda dari pertanyaan kami diatas adalah tidak. Hal yang normal itu bisa saja hanya karena adanya gesekan antar kulit, maupun antar kulit dan pakaian. Namun jika Anda merasakan seperti yang kami tanyakan, kemungkinan penyebabnya adalah jamur atau alergi. Infeksi jamur dan alergi bisa menyebabkan kulit yang terinfeksi menjadi berwarna lebih gelap dari kulit sekitar. Hal ini biasa disebut dengan hiperpigmentasi pasca inflamasi. Lipatan kulit memang paling sering terkena infeksi jamur, seperti selangkangan dan pantat. Karena jamur suka berada ditempat yang lembab untuk berkembang. Ini menyebabkan peradangan dan menstimulasi produksi melanosit, yaitu sel pigmen warna kulit. Sehingga kulit yang terkena akan menghitam. Untuk mengurangi keluhan, sebaiknya Anda menggunakan celana yang tidak ketat, ganti celana jika Anda sudah merasa agak lembab atau berkeringat, cucilah pakaian dengan bersih. 

Demikian yang dapat disampaikan mengenai selangkangan hitam, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar