Sukses

Sakit Perut Kanan Bawah
07 Oct 2019, 20:35 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat malam dok saya mau konsul bapak saya sakit perut bagian kanan bawah mules gitu dok sakitnya hilang timbul setiap selesai makan miskipun sedikit makan tapi kembung perutnya dok kenapa kira" iya dok?terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai sakit perut kanan bawah melalui fitur Klik Dokter.

Sakit perut adalah hal yang umum terjadi. Biasanya sakit perut disebabkan karena adanya masalah pada organ - organ yang berada di dalam perut. Karena bapak Anda mengeluhkan sakit perut kanan bawah, maka mungkin organ yang bermasalah adalah usus, terutama usus buntu, ginjal, saluran kemih. 

Hal yang sering menyebabkan sakit perut kanan bawah adalah peradangan pada usus buntu. Biasanya gejala awal pada peradangan ini adalah nyeri perut bagian tengah atas dulu, mual, muntah, bisa juga timbul demam, setelah itu nyeri nya menjalar ke kanan bawah. Biasanya pada penderita radang usus buntu, merasa sulit untuk meluruskan badannya dan berjalan. Posisi nyamannya lebih sering dengan membungkukkan badannya dan tidak bisa menekuk kaki kanannya mendekati perut. Kalau masalahnya berada pada ginjal atau saluran kemih, biasanya bisa disebabkan karena adanya batu. Penderita akan merasa nyeri saat buang air kecil, bahkan sampai mengeluarkan darah jika sudah parah. 

Untuk mengetahui lebih pasti penyebab dari sakit perut kanan bawah yang dialami bapak Anda, sebaiknya konsultasikan langsung dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan yang sesuai dengan keluhannya. Demikian yang dapat disampaikan mengenai sakit perut kanan bawah, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar