Sukses

Payudara Tidak Berkembang
07 Oct 2019, 14:05 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya mau tanya, puting susu saya dari semenjak saya puber hingga sekarang tidak ada perubahan. Besarnya kecil sekali seperti biji ketumbar, penyebabnya apa ya dok? Apa masih bisa membesar lagi apa udah stak dok? Trimakasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pertumbuhan payudara tergantung pada beberapa faktor diantaranya genetika, status gizi dan hormon. Payudara akan mulai tumbuh sejak usia 8 tahun atau pada usia akhir 13 tahun. Beberapa mungkin mengalami pertumbuhan payudara yang lambat, sementara lainnya mengalami pertumbuhan yang cepat.

Setiap anak perempuan akan mengalami pertumbuhan payudara pada usia yang berbeda dan tingkat yang berbeda. Seorang gadis mungkin telah memiliki payudara yang besar di usia 12, sedangkan yang lain masih memiliki payudara yang belum berkembang pada usia tersebut.

Perkembangan masa pubertas yang tercakup di dalamnya adalah pertumbuhan rambut pubis dan payudara digambarkan melalui stadium Tanner. Pada usia 16 tahun seharusnya payudara sudah berkembang seperti layaknya wanita dewasa. Puting sudah menonjol dengan dikelilingi oleh lingkaran hitam dengan granul-granul yang disebut dengan papilla mammae. Payudara yang berisikan jaringan lemak dan kelenjar sudah menonjol. Selain itu status gizi juga sangat berpengaruh terhadap ukuran payudara Anda, jika Anda terlalu kurus maka tentu saja ukuran payudara akan mengikuti ukuran tubuh Anda, begitu sebaliknya.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan evaluasi lebih lanjut tentang gangguan masa pubertas yang Anda alami.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar