Sukses

Nyeri Lutut Saat Naik Tangga
07 Oct 2019, 13:50 WIB
Pria, 23 tahun.

Assalamualaikum dokter, usia saya 23 tahun, berat badan 74, tinggi 174. Akhir-akhir ini saya mengalami nyeri di lutut ketika menaiki tangga, dan berjalan. Pertama kali saya merasakan nyeri lutut adalah ketika saya bermain bola kaki. Padahal lutut saya tidak pernah mengalami benturan saat bermain bola namun tiba-tiba sakit dan langsung istirahat. Saya sempat beristirahat selama 2 minggu untuk tidak melakukan aktivitas olahraga bermain sepak bola, alhamdulillah nyeri reda dan setelah itu saya coba bermain bola kaki. Pada saat olahraga dan berlari lutut sya tidak sakit, nmun pada saat naik tangga sekarang lutut saya nyeri. kira -kira apa sih penyebab nyeri dilutut saya dok? apakah karena faktor berat badan atau karena terlalu sering bermain bola? apakah ini masuk dalam kategori osteoarthritis? mohon solusinya dok, bagaimana cara mengatasinya. trims.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya beberapa kondisi yang dapat menyebabkan keluhan lutut sakit saat naik tangga, antara lain:

  1. Patellofemoral pain syndrome. Sakit lutut saat naik tangga yang disebabkan Patellofemoral pain syndrome ini diakibatkan oleh pemakaian sendi lutut secara berlebihan atau pergeseran susunan sendi lutut akibat melakukan suatu aktivitas.
  2. Kneecap Tracking. Lutut kita memiliki tempurung yang terikat pada otot-otot. Bila salah satu otot sekitarnya ada yang lemah, maka tempurung ini dapat tertarik ke sisi otot yang kuat dan menyebabkan pergeseran lutut (patellar tracking disorder). Pergeseran inilah yang akan menyebabkan lutut sakit saat naik tangga. Selain itu, bentuk telapak kaki yang datar juga dapat meningkatkan risiko pergeseran lutut, yang akhirnya dapat menyebabkan lutut sakit saat naik tangga.
  3. Peradangan Tendon. Lutut sakit saat naik tangga juga dapat disebabkan oleh peradangan tendon. Tendon adalah jaringan ikat yang menghubungkan sendi dengan tulang. Pada lutut, tendon sangat berperan dalam melindungi lutut dari gerakan mendadak. Bila lutut digunakan secara berlebihan, misalnya pada atlet atau tentara, dapat terjadi iritasi dan peradangan di tendon lutut. Peradangan tendon ini dapat menjadi salah satu penyebab lutut sakit saat naik tangga.
  4. Radang Sendi LututDalam pergerakan sendi, tulang rawan yang terletak antara sendi dan tulang memegang peranan yang amat penting. Pada suatu kondisi yang dinamakan Chondromalacia patella, tulang rawan ini rusak dan mengakibatkan pergerakan sendi menjadi terhambat dan tidak lancar. Hambatan pergerakan sendi ini menyebabkan lutut akan terasa sangat sakit saat beraktivitas, termasuk saat naik tangga. Pada beberapa kondisi, lutut bahkan tetap terasa nyeri walaupun sedang istirahat.

Namun demikian, jika hal ini dirasakan menggangu sebaiknya Anda Berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf agar dapat dilakukan wawancara medis lebih detail serta pemeriksaan penunjang sehingga dapat diketahui penyebabnya. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar