Sukses

Benjolan pada Pangkal Paha

06 Oct 2019, 21:45 WIB
Pria, 17 tahun.

Halo dok, saya punya masalah benjolan di pangkal paha kiri saya, umur saya 17 tahun pria, benjolan ini tidak terasa sakit, hanya saya jika diurut pelan akan terasa sedikit saja, benjolan ini sudah terjadi sejak 5 hari, dan kondisi badan saya sngtlah sehat, itu kenapa ya dok?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan pada pangkal paha menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertama perlu anda ketahui bahwa benjolan di selangkangan bisa diakibatkan oleh banyak penyebab.

Sulit bagi kami untuk mendiagnosis sebuah benjolan tanpa melakukan pemeriksaan fisik karena kami membutuhkan informasi seperti letak tepatnya, besarnya benjolan, permukaannya, apakah sewarna kulit, apakah dapat digerakkan atau tidak, sudah berapa lama, apakah semakin membesar, dll. Informasi tersebut diperlukan karena sebuah benjolan dapat disebabkan oleh banyak hal.

Di daerah selangkangan, benjolan paling sering disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening. Namun, benjolan juga dapat disebabkan karena hal lain seperti kista atau bisul baik kecil atau besar. Pembesaran kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh beberapa hal, penyebab tersering adalah adanya infeksi pada area genitalia, contohnya infeksi saluran kemih, infeksi menular seksual. Pembesaran kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh limfoma (kanker kelenajar getah bening). Apabila penyebabnya adalah infeksi maka seiring dengan infeksi tersebut menyembuh, kelenjar getah bening akan mengecil dengan sendirinya. Terapi akan tergantung dari penyebabnya.

Untuk itu, kami sarankan Anda memeriksakan diri kembali ke dokter untuk pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan. Setelah diagnosis ditentukan maka Anda dapat mendiskusikan pilihan penanganan yang ada dengan dokter Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai benjolan pada pangkal paha. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar