Sukses

Penanganan Bells Palsy

06 Oct 2019, 21:26 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok, tgl 10 september 2019 saya di diagnosa terkena bells palsy muka sebelah kiri, setelah itu diberi resep obat piracetam 800 mg, mefenamic acid 500 mg, dexamethasone 0.5 mg, metronidazole 500 mg masing masing 3 kali sehari dan resep tersebut saya habiskan sampai tgl 15 september 2019, tgl 16 saya periksa lagi ke dokter saraf dan diberi obat diclofenat sodium 50 mg, mecobalamin 500 mcg, ranitidine 150 mg. sampai dengan hari ke 11 (21 september 2019) , belum menunjukan perubahan yang berarti, masih terasa sakit dibelakang telinga & rahang bawah sebelah kiri. serta otot muka terasa sakit bila di sentuh. normal kah ini dok?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bell's palsy adalah kelumpuhan waraf wajah ke 7 perifer yang dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, di antaranya karena infeksi virus. 

Pengobatan harus disesuaikan dengan penyebabnya, bells palsy biasanya diberikan obat anti virus dan obat yang dapat mengurangi reaksi inflamasi, yaitu obat golongan steroid. Namun seringkali tanpa pengobatan apapun akan sembuh dengan sendirinya.  

Berdasarkan Journal of Neurology Neurosurgry and Psychiatry, prognosis kesembuhan dari bells palsy sangat baik, hanya 16% diantaranya yang gejalanya tidak kembali seperti semula. Terapi yang dilakukan suportif seperti fisioterapi dan terapi yang dapat mengurangi gejala yang ada. 

Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan langsung ke dokter spesialis saraf untuk mengetahui penanganan lebih lanjut mengenai keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar