Sukses

Dehidrasi Dan Haid

01 Oct 2019, 15:58 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya, akhir bulan juli kemaren saya mengalami dehidrasi sampai harus di infus dan habis 8 botol wktu dehidrasi trsebut saya haid dok. Kemudian di bulan agustus akhir ini saya belom haid juga dok. Apakah dehidrasi waktu itu bisa mempengaruhi lancar/tidak nya haid ?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai dehidrasi dan haid melalui fitur Tanya Dokter.

Dehidrasi adalah kurangnya cairan dalam tubuh yang membuat keseimbangan garam dan gula tubuh menjadi terganggu. Dehidrasi dapat berupa ringan sampai berat. Gejala awal dehidrasi adalah merasa sangat haus, urin berwarna gelap, jantung berdetak cepat, napas cepat, mata cekung, dan demam. Dehidrasi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya menstruasi. Hormon estrogen dan progesteron memengaruhi kadar cairan tubuh. Saat keduanya mengalami perubahan yang biasa terjadi saat haid, konsumsi air rutin diperlukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Terlebih lagi jika darah yang dikeluarkan terlalu banyak maka kehilangan cairan dapat terjadi secara besar-besaran. Tapi dehidrasi bukan menjadi penyebab seseorang menjadi telat haid. Mungkin dari kasus Anda, penyebab haid tidak lancar adalah karena hal lain, seperti: 

- Stress

- Obesitas

- Berat badan rendah

- PCOS ( sindrom ovarium polikistik)

- Penggunaan kontrasepsi

- Menopause

- Masalah tiroid

- Obat-obatan

- Penyakit kronis, seperti diabetes

Jika haid Anda tidak kunjung datang, sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter agar dapat diketahui secara pasti penyebab telat haid Anda. Demikian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar